Pura Taksu Bhuwana Taman Bukit Pengajaran, Tempat Memohon Segala Jenis Taksu

Pura Taksu Bhuwana Taman Bukit Pengajaran adalah juga pura tempat untuk memuja dan memohon segala jenis taksu (kesidian, usaha, kekuasaan, dan sebagai

Pura Taksu Bhuwana Taman Bukit Pengajaran, Tempat Memohon Segala Jenis Taksu
Tribun Bali/Saiful Rohim
Upacara piodalan di Pura Taksu Bhuwana Taman Bukit Pengajaran, Purnama Sadha, Sabtu (18/5/2019) 

TRIBUN-BALI.COM, AMLAPURA - Pura Taksu Bhuwana Taman Bukit Pengajaran berada di pertengahan Bukit di Desa Sinduwati, Kecamatan Sidemen, Karangasem, Bali.

Perjalanan menuju Pura Taksu Bhuwana Taman Bukit Pengajaran ini melalui jalan setapak, di pinggiran kali kecil, dengan hamparan persawahan di sekitarnya dan dengan sedikit mendaki melewati perkebunan salak Bali, sehingga membuat kentalnya nuansa spiritual yang asri dan alami.

Areal Pura Taksu Bhuwana Taman Bukit Pengajaran tertata dengan di kelilingi beraneka ragam pepohonan dan terdapat sumber mata air di dalamnya.

Menurut pengajeng Pura Taksu Bhuwana Taman Bukit Pengajaran, Drs. Ida Bagus Putu Adriana, Pura Taksu Bhuwana Taman Bukit Pengajaran adalah Pura tempat pemujaan dan berstananya Sanghyang Tri Adhi Taksu, yakni Tuhan dengan manifestasi Sanghyang Tri Murti dengan segala taksunya.

Pura Taksu Bhuwana Taman Bukit Pengajaran adalah juga pura tempat untuk memuja dan memohon segala jenis taksu (kesidian, usaha, kekuasaan, dan sebagainya) dan taksu berbagai jenis swagina atau profesi.

Ada tiga pelinggih di area utama pura.

Pertama pelinggih padmasana yakni pelinggih untuk memuja Betara Guru beserta saktinya (Sanghyang Sri Guru Adhi Taksu dengan Betari Sri Adhi Taksu).

Kedua yakni Pelinggih Padma Rong Tiga, yakni pelinggih untuk memuja Sanghyang Tri Adhi Taksu.

Dan ketiga Pelinggih Ratu Anglurah Agung Taksu Bhuwana.

Sedangkan di luar area utama pura ada 2 pelingih yakni Pelinggih Hyangning Taman Bukit Pengajaran beserta para Widiadari dan Pelinggih Sri Ratna Gangga Dewi serta satu tempat Pelukatan.

Halaman
12
Penulis: Saiful Rohim
Editor: Ida Ayu Made Sadnyari
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved