PDAM Mulai Maksimalkan Sumber Mata Air Guyangan, Renin Mulai Ngantor di Nusa Penida

Dirut PDAM Klungkung I Nyoman Renin menindaklanjuti permintaan Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta agar dirinya sementara waktu berkantor di Nusa Penida

PDAM Mulai Maksimalkan Sumber Mata Air Guyangan, Renin Mulai Ngantor di Nusa Penida
PDAM Klungkung
Dirut PDAM Klungkung, Renin Suyasa sedang melakukan perencanaan pemasangan pipa induk dengan diameter 6 inchi dari Batumulapan sampai Desa Suana, Nusa Penida, Sabtu (18/5/2019). 

TRIBUN-BALI.COM, SEMARAPURA - Dirut PDAM Klungkung I Nyoman Renin menindaklanjuti permintaan Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta agar dirinya sementara waktu berkantor di Nusa Penida.

Hal ini lantaran maraknya keluhan masyarakat karena belum semua masyarakat di Nusa Penida terlayani sambungan air bersih PDAM.

Direktur PDAM Klungkung I Nyoman Renin menjelaskan, pihaknya sudah mulai ngantor di Nusa Penida sejak Sabtu (18/5/2019).

Hari pertamanya berkantor di Kecamatan Nusa Penida, Renin Suyasa mengaku sedang melakukan perencanaan pemasangan pipa induk dengan diameter 6 inchi dari Dusun Batumulapan, Desa Batununggul sampai Desa Suana.

Baca: FBC Bali Lepas Ribuan Ikan Dalam Upacara Fang Shen Serangkaian Hari Raya Waisak

Baca: Outlet Ketujuh Dibangun di Kawasan Pusat Oleh-oleh, Ajik Krisna Ngaku Tak Takut Bersaing

Selama ini ada dua sumber mata air di Nusa Penida yang belum termanfaatkan secara maksimal, yakni mata air Guyangan dan sumber mata air Penida.

Dua mata air inilah yang nantinya akan dimaksimalkan PDAM, sehingga semua masyarakat mendapat layanan air bersih

Setelah perencanaan pemasangan pipa diameter 6 inchi dari Desa Batumulapan tersebut, akan dilanjutkan dengan pemasangan pipa GWI 2 inchi sepanjang 700 meter di Dusun Pengaud untuk suplai air dari mata air Guyangan.

Sambungan ini untuk pelayanan di zona Karangsari dan Suana yang selama ini suplai air dari mata air Penida dengan kapasitas debit yang belum maksimal.

Baca: Janda Beraksi di Jembrana, Dua Pria ini Termakan Janji Manis Ni Putu DA, Mimpi ke Jepang Pupus

Baca: Warga Banjar Biaung Kesiman Antusias Ikuti Kegiatan Sosialisasi Rabies

“Pertama perencanaan pemasangan pipa induk diameter 6 inchi dilanjutkan dengan pipa GWI 2 inchi sepanjang 700 meter di Dusun Pengaud untuk suplai dari mata air Guyangan,” ujar Renin Suyasa, Minggu (19/5)

Setelah pemasangan pipa tersebut, pihak PDAM akan lajut melakukan identifikasi sambungan rumah (SR) yang terpasang dan akan dilanjutkan dengan uji coba pengaliran air.

“Setelah terpasang, kita akan lakukan uji coba pengaliran,” sebutnya.

Selama mengantor di Nusa Penida, Renin Suayasa mengaku akan fokus melakukan inventarisasi, menyelesaikan perencanaan dan biaya yang diperlukan untuk merealisasikan 100 persen air bersih bagi masyarakat Nusa Penida. (*)

Penulis: Eka Mita Suputra
Editor: Irma Budiarti
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved