Tingkatkan SDM Hadapi Era Digital 4.0, Dishub Bali Kerja Sama dengan STIKI Gelar Pelatihan Pegawai

Dalam rangka meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM), Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Bali menggelar pelatihan (In House Training)

Tingkatkan SDM Hadapi Era Digital 4.0, Dishub Bali Kerja Sama dengan STIKI Gelar Pelatihan Pegawai
Tribun Bali/Wema Setyadinata
Pelatihan - Suasana pelatihan (In House Training) khusus tata naskah di lingkungan pegawai Dinas Perhubungan Provinsi Bali, Senin (20/5/2019). Pelatihan praktek juga diberikan oleh STIKI Indonesia. 

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Dalam rangka meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) guna meningkatkan daya saing pegawai, khususnya di bidang tata naskah dan pengimplementasian teknologi informasi, Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Bali menggelar pelatihan (In House Training) di Kantor Dishub Bali, Senin (20/5/2019).

Sekretaris Dinas Perhubungan Provinsi Bali, I Nyoman Rembun menyampaikan, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan SDM pegawai di lingkungan Dinas Perhubungan Provinsi Bali, kaitannya dengan era digital 4.0 dan pengimplementasian Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 5 Tahun 2011 tentang pedoman tata naskah di lingkungan pemprov Bali.

“Dari SDM yang ada masih banyak persentasenya yang belum maksimal kaitannya dengan penggunaan IT. Materi yang diberikan secara spesifik terkait teori tata naskah. Kalau kita membuat surat supaya lebih cepat bisa memakai aplikasi,” kata Rembun saat ditemui disela-sela acara.

Baca: FAKTA TERBARU : Sugeng Tato Tubuh Korban Mutilasi Saat Masih Hidup, Kini Jadi Tersangka

Baca: 16 Lukisan Termahal di Dunia, Ada yang Dikaitkan dengan Leonardo da Vinci

Pelatihan dilaksanakan selama dua hari, yakni pada hari pertama, Senin (20/5/2019) diberikan mengenai teori tata naskah, dengan penyampaian materi terkait pembuatan surat undangan, notulen rapat, daftar hadir, SPT, surat biasa dan lain-lainnya.

Materi diberikan dari pejabat Biro Organisasi Setda Provinsi Bali.

Selanjutnya pada hari kedua, Selasa (21/5/2019), diberikan pelatihan praktek penggunaan alat teknologi oleh empat orang dosen di Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Indonesia (STIKI).

“Pelatihan dilaksanakan selama dua hari, teorinya di Kantor Dishub Bali dan prakteknya di Kampus STIKI. Kami dengan STIKI memang ada kerja sama peningkatan SDM sejak empat tahun lalu,” ujar Rembun.

Baca: Jalani Pelatnas SEA Games 2019, Atlet Tinju Bali Kornelis Kwangu Langu Dikirim Tryout ke Beijing

Baca: Evaluasi Pergub 80/2019, Banyak Institusi Perbankan dan Hotel Belum Pakai Papan Beraksara Bali

Dirinya berharap para staf yang diberikan pelatihan bisa bekerja cepat menyelesaikan apa yang ditugaskan, serta cepat menyesuaikan perkembangan teknologi era digital 4.0.

Menurutnya, pada era digital saat ini pembuatan laporan tidak ada lagi yang dikerjakan manual, namun seluruhnya sudah menggunakan teknologi informasi. 

Peserta pelatihan diikuti seluruh staf ASN/non ASN yang bertugas di bidang kearsipan di masing-masing bidang dan UPT pada lingkungan Dishub Provinsi Bali. (*)

Penulis: Wema Satya Dinata
Editor: Irma Budiarti
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved