Januari-April 2019, 1,86 Juta Wisatawan Mancanegara Masuki Bali Melalui Bandara I Gusti Ngurah Rai

4 bulan berjalan di tahun 2019, catatan jumlah wisatawan mancanegara yang masuk ke Bali melalui Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai naik

Januari-April 2019, 1,86 Juta Wisatawan Mancanegara Masuki Bali Melalui Bandara I Gusti Ngurah Rai
Tribun Bali / Zaenal Nur Arifin
Suasana terminal kedatangan internasional Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali dimana ditempatkan thermo scanner untuk mendeteksi suhu tubuh penumpang. 

TRIBUN BALI.COM, MANGUPURA – Empat bulan berjalan di tahun 2019, catatan jumlah wisatawan mancanegara yang masuk ke Bali melalui Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai kembali alami kenaikan.

Dalam pencatatan jumlah wisatawan mancanegara periode Januari-April 2019 ini, sebanyak total 1.860.857 turis asal seluruh penjuru dunia terlayani masuk ke Bali melalui bandar udara. 

Angka ini mengungguli catatan jumlah turis mancanegara pada periode yang sama di tahun 2018 lalu, terdapat 1.807.552 wisatawan mancanegara yang datang melancong ke Pulau Dewata dengan moda transportasi udara.

Catatan tersebut mendasari kenaikan persentase pertumbuhan jumlah wisatawan mancanegara yang dilayani oleh Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali, yaitu sebesar 3 persen.

Baca: Kepala Rudenim Denpasar Sosialisasi ke Kodim Karangasem

Baca: Organisasi Mahasiswa Lintas Agama di Bali Tolak People Power 22 Mei 2019

“Untuk kunjungan wisatawan mancanegara 4 bulan pertama tahun 2019 ini, kembali kami mencatatkan catatan positif. Seperti catatan-catatan sebelumnya, Cina tetap menduduki singgasana sebagai negara dengan jumlah wisatawan terbanyak, disusul Australia dan India,” ujar General Manager PT Angkasa Pura I (Persero) Kantor Cabang Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali, Haruman Sulaksono, Selasa (21/5/2019).

Tercatat wisatawan China sebanyak 430.060 jiwa, disusul oleh Australia dan India, masing-masing dengan 344.223 dan 112.897 wisatawan.

Dengan jumlah sebanyak itu, wisatawan asal Negeri Tirai Bambu menyumbang 32 persen, atau hampir sepertiga dari total jumlah wisatawan mancanegara yang menghabiskan waktu liburnya di Pulau Dewata.

Sedangkan untuk negara di urutan kedua, Australia, menyumbang 26 persen dari total pengunjung, disusul oleh India dengan porsi 8 persen.

Baca: Pemandu Gunung Ini Mencatat Rekor Baru, Taklukkan Everest Dua Kali dalam Seminggu

Baca: Mengecek Kesiapan Armada di Bali Hadapi Arus Mudik 2019

Korea Selatan menjadi negara dengan pertumbuhan jumlah wisatawan tertinggi di bulan April 2019 dibanding dengan statistik di bulan April 2018, dengan pertumbuhan sebesar 18 persen, atau naik sebanyak 2.012 jiwa 

Di urutan kedua diduduki oleh Inggris Raya, dengan kenaikan jumlah sebanyak 2.998 turis, atau tumbuh sebesar 14 persen.

Halaman
12
Penulis: Zaenal Nur Arifin
Editor: Ida Ayu Suryantini Putri
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved