Diduga Miliki Sabu 4,57 Gram, Sariasih Syok Dituntut 11 Tahun Penjara

Raut wajah Sariasih (34) seketika berubah lemas saat mengetahui dirinya dituntut 11 tahun penjara atas dugaan kasus penguasaan sabu

Diduga Miliki Sabu 4,57 Gram, Sariasih Syok Dituntut 11 Tahun Penjara
Tribun Bali/I Putu Candra
Sariasih menjalani sidang tuntutan di PN Denpasar, Selasa (21/5/2019). Ia dituntut 11 tahun penjara, dengan barang bukti dibawah 5 gram. 

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Raut wajah Sariasih (34) seketika berubah lemas saat mengetahui dirinya dituntut 11 tahun penjara oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU), Selasa (21/5/2019), di Pengadilan Negeri (PN) Denpasar.

Perempuan asal Malang, Jawa Timur ini tidak menyangka dituntut pidana tergolong berat, dengan barang bukti narkotik golongan I dibawah 5 gram.

Sariasih sendiri dinilai bersalah memiliki atau menguasai sabu-sabu 4,57 gram.

Terhadap tuntutan jaksa, Sariasih yang didampingi tim penasihat hukum dari Pos Bantuan Hukum Peradi Denpasar menyampaikan, akan menanggapi dalam pembelaan tertulis.

Baca: Pemda Dijatah 30 Persen CPNS & 70 Persen PPPK, Menteri PANRB Terbitkan Surat Pengadaan ASN 2019

Baca: Demonstran Ini Menangis Minta Tolong Cari Mama Karena Matanya Perih Terkena Gas Air Mata

"Kami mengajukan pembelaan tertulis, Yang Mulia. Mohon waktu satu minggu," ucap Ratna selaku anggota tim penasihat hukum kepada majelis hakim pimpinan I Gede Ginarsa.

Sementara dalam surat tuntutan yang dibacakan Jaksa Mia Fida mewakili Jaksa I Kadek Wahyudi Ardika menyatakan, bahwa terdakwa yang bekerja sebagai karyawan warung makan ini, telah terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana narkotik, sebagaimana dakwaan pertama.

Terdakwa tanpa hak atau melawan hukum memiliki menyimpan, menguasai atau menyediakan narkotik golongan I bukan tanaman.

Terdakwa Sariasih dijerat Pasal 112 ayat (1) Undang-Undang RI No.35 tahun 2009 tentang Narkotik.

Baca: Program Pro Rakyat Bukan Jaminan, Disdukcapil Catat Lebih Banyak Warga Keluar Dibanding Masuk Badung

Baca: Pelatih Bhayangkara FC Sebut Kemenangan Bali United karena Kartu Merah Alsan Sanda

"Menuntut, menjatuhkan pidana terhadap terdakwa Sariasih dengan pidana penjara selama 11 tahun, dikurangi selama menjalani tahanan sementara. Denda Rp 1 miliar, subsider enam bulan penjara. Dengan perintah terdakwa tetap ditahan," tegas Jaksa Mia Fida.

Sebagaimana dibeberkan dalam surat dakwaan, Sariasih nekat membeli narkotik jenis sabu-sabu seharga Rp 1 juta dari seseorang bernama Mas Aan Sumatra untuk dipakai sendiri.

Namun belum sempat menikmati, ia keburu ditangkap polisi di Jalan Tukad Badung XXVII, Renon, Denpasar Selatan pada tanggal 4 Desember 2018.

Saat itu, aparat kepolisian berhasil mengamankan sepaket plastik klip berisi sabu yang tersimpan dalam bekas bungkusan susu merk indomilk.

"Terdakwa tidak memiliki izin dari instasi berwenang untuk membawa barang berupa sabu yang mengandung sediaan narkotik golongan I jenis metamfetamina tersebut," ungkap jaksa dalam surat dakwaan. (*)

Penulis: Putu Candra
Editor: Irma Budiarti
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved