Enam Ekor Sampel Negatif Rabies, Tabanan Terus Tuntaskan Target Vaksinasi Massal

Sedikitnya ada enam HPR yang dieliminasi dan diambil sampelnya untuk diperiksa. Dari hasil pemeriksanaan, seluruh sampel dinyatakan negatif rabies

Enam Ekor Sampel Negatif Rabies, Tabanan Terus Tuntaskan Target Vaksinasi Massal
Tribun Bali/Made Prasetia Aryawan
Petugas saat melakukan vaksinasi HPR di wilayah Sanggulan, Kecamatan Kediri, Tabanan, belum lama ini. 

TRIBUN-BALI.COM, TABANAN - Hingga 20 Mei 2019, total hewan penular rabies (HPR) yang sudah mendapatkan vaksinasi massal rabies di Tabanan sebanyak 25.952 ekor.

Sedikitnya ada enam HPR yang dieliminasi dan diambil sampelnya untuk diperiksa. Dari hasil pemeriksanaan, seluruh sampel dinyatakan negatif rabies.

“Saat ini sudah ada 25 ribu lebih hewan yang sudah divaksinasi. Jumlah tersebut tersebar di 10 kecamatan,” ujar Kepala Bidang Peternakan Dinas Pertanian Tabanan, Wayan Suamba, Selasa (21/5/2019).

Baca: Kronologi Gede Rai Meninggal Digigit Anjing Rabies, Firasat Aneh Sang Ibu: Minta Sembahyang Bersama

Dia melanjutkan, harapan untuk tahun ini adalah target 95 persen dari jumlah estimasi tercapai.

“Jika memang target 95 persen vaksinasi tercapai kami akan lakukan penyisiran HPR ke wilayah yang belum terjangkau vaksinasi. Karena vaksinasi massal ini dilaksanakan serentak dan waktunya sudah ditentukan,” jelasnya.

Tahun ini, Tabanan rencananya akan mendapatkan sebanyak 9.000 vaksin rabies untuk daerah yang termasuk zona merah rabies.

Baca: Sempat Dikira Kesurupan Dan Dibawa Ke Balian, Ternyata AA Gede Rai Meninggal Karena Positif Rabies

Zona merah rabies di Tabanan yang dimaksud ada di beberapa kecamatan. Diantaranya, Desa Delod Peken, Tabanan, Desa Beraban, Desa Banjar Anyar di Kecamatan Kediri.

Kemudian di Desa Bajera, Selemadeg dan Desa Batungsel serta Desa Pujungan, Kecamatan Pupuan. Dikatakan, penetapan zona merah lantaran daerah ini pernah dijumpai kasus positif rabies. (*)

Penulis: I Made Prasetia Aryawan
Editor: Widyartha Suryawan
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved