FPTI Bali Gelar Kursus Juri dan Pembuat Jalur Tingkat Daerah Tahun 2019

Pengprov Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Bali menggelar “Kursus Juri dan Pembuat Jalur” Tingkat Daerah Tahun 2019.

FPTI Bali Gelar Kursus Juri dan Pembuat Jalur Tingkat Daerah Tahun 2019
Tribun Bali/Dewi Adi Damayanti
Para peserta mengikuti pembukaan Kursus Juri dan Pembuat Jalur Tingkat Daerah Tahun 2019 di Ruang Rapat KONI Bali, Denpasar, Selasa (21/5/2019). 

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Pengprov Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Bali menggelar “Kursus Juri dan Pembuat Jalur” Tingkat Daerah Tahun 2019.

Kursus tersebut rencananya berlangsung Selasa-Jumat (21-24/5/2019).

Ketua Pengprov Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Bali, Putu Yudiatmika menjelaskan, kursus tersebut diadakan karena ia melihat masih minimnya tenaga dari juri dan pembuat jalur di Bali.

“Juri dan pembuat jalur ini memang kita butuhkan di masing-masing kabupaten/kota. Hal ini karena kejuaraan mulai digelar kabupaten/kota, kalau tidak memiliki pembuat jalur dan juri otomatis dia tidak bisa melaksanakan kejuaraan,” jelasnya saat ditemui Tribun Bali di Ruang Rapat KONI Bali, Denpasar, Selasa (21/5/2019).

“Kami dari Pengprov memfasilitasi melakukan pelatihan wasit/juri dan jalur. Selain itu kita memang sudah punya dari beberapa kabupaten/kota tapi jumlahnya tidak mencukupi, karena itu kita menambah di masing-masing kabupaten/kota untuk juri dan pembuat jalur,” ucapnya.

Kursus juri dan pembuat jalur ini pun diikuti 34 peserta dari 9 kabupaten/kota se-Bali serta Kalimantan Selatan.

Dikatakan sebagian besar para peserta yang mengikuti kegiatan tersebut merupakan mantan atlet panjat tebing.

Yudiatmika berharap dari kegiatan ini ke depannya dapat meningkatkan kualitas para atlet panjat tebing di daerahnya masing-masing.

“Harapannya, otomatis rekan-rekan pengkab/pengkot di kabupaten se-Bali bisa meningkatkan kualitas atlet itu sendiri. Kalau atlet kualitasnya perlu ditingkatkan perlu ada kejuaraan sehingga kabupaten/kota bisa menggelar kejuaraan sendiri karena sudah memiliki juri dan pembuat jalur,” ujarnya.

Wakil Ketua Umum II Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Bali, Maryoto Subekti yang membuka kegiatan tersebut mengapresiasi. Dia juga menilai kegiatan tersebut positif dan dapat mendongkrak prestasi para atlet panjat tebing.

“KONI Bali tentu terkait dengan prestasi sangat mengapresiasi FPTI Bali ini. Berbagai kegiatan didalam mendongkrak prestasi atlet, tenaga-tenaga pendukung selalu aktif membuat kegiatan seperti pelatihan juri dan pembuat jalur ini,” kata dia.

Ia juga menyampaikan, kegiatan ini juga bisa dijadikan ajang sharing atau ajang saling bertukar pengalaman karena beberapa peserta berasal dari luar daerah Bali. Maryoto berharap kegiatan ini berlanjut ke jenjang yang lebih tinggi.

“Dengan demikian, kemampuan tenaga-tenaga yang mereka miliki semakin baik,” katanya. (*)

Penulis: Putu Dewi Adi Damayanthi
Editor: Alfonsius Alfianus Nggubhu
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved