Gurita Raksasa Target Ciptakan Rekor Muri, Berawa Beach Art Festival Libatkan Potensi Lokal

Berawa Beach Art Festival (BBAF) tahun ini ditarget bisa memecahkan rekor Muri dengan dibuatnya instalasi gurita raksasa

Gurita Raksasa Target Ciptakan Rekor Muri, Berawa Beach Art Festival Libatkan Potensi Lokal
Tribun Bali/Agus Aryanta
Berawa Beach Art Festival (BBAF) 2019 dengan ikon gurita raksasa setinggi 20 meter dan panjang 30 meter, Selasa (21/5/2019). 

TRIBUN-BALI.COM, MANGUPURA - Berawa Beach Art Festival (BBAF) tahun ini ditarget bisa memecahkan rekor Muri dengan dibuatnya instalasi gurita raksasa.

Instalasi gurita ini memiliki tinggi 20 meter dan panjang 30 meter.

Perebekel Desa Tibubeneng I Made Kamajaya mengatakan, festival ini berbeda dengan festival lainnya.

Seluruh pertunjukan yang ditampilkan dalam festival ini merupakan potensi desa. Begitu juga seniman-seniman yang merupakan warga lokal.

Menurutnya, festival yang dilaksanakan telah membawa dampak besar. Pasalnya Desa Tibubeneng kini meningkat dalam bidang pariwisata.

Ia menyebut kunjungan ke Desa Tibubeneng per harinya mencapai 1.000 wisatawan.

"Harapan kami pariwisata di desa ini memiliki kelas, sehingga ada ciri khas dan bisa melihat yang menarik di desa," jelasnya.

Ketua Panitia BBAF II, Made Dwijantara mengatakan dalam pergelaran BBAF II nanti, pihaknya menargetkan ada satu signature dengan memecahkan Muri.

"Kalau yang pertama kita dapat Muri dalam pementasan tari kecak. Kini akan dapat Muri pada panggung lengkap dengan karya guritanya," ucapnya.

Mengenai makna gurita sebagi panggung, pihaknya mengatakan bahwa gurita itu mengingatkan manusia untuk peduli dengan alam, khususnya laut yang harus bebas dari sampah.

"Maknanya, gurita ini keluar dari laut untuk menyampaikan bahwa tempat mereka dipenuhi sampah plastik. Banyak yang mengeksploitasi laut. Sehingga bagaimana kita mengajak masyarakat untuk menjaga biota laut dan kebersihan laut itu sendiri,"jelasnya.

Made Dwijantara menambahkan, penyelengaraan BBAF  yang mendapat dana Rp 1,290 miliar dari Pemkab Badung. (*)

Penulis: I Komang Agus Aryanta
Editor: Widyartha Suryawan
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved