Sponsored Content

Tingkatkan Pelayanan, RSU Wisma Prashanti Implementasikan Teknologi Finger Print

Sebelum mendapatkan pelayanan kesehatan, tentunya peserta JKN-KIS ini harus melawati tahap administrasi.

Tingkatkan Pelayanan, RSU Wisma Prashanti Implementasikan Teknologi Finger Print
istimewa
Direktur RSU Wisma Prashanti, I Made Surya Agung 

TRIBUN-BALI.COM, TABANAN - Meningkatkan kepuasan peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) adalah hal yang wajib dilakukan secara terus-menerus oleh BPJS Kesehatan sebagai penyelenggara program JKN-KIS dan Rumah Sakit selaku pemberi pelayanan kesehatan.

Sebelum mendapatkan pelayanan kesehatan, tentunya peserta JKN-KIS ini harus melawati tahap administrasi.

Dalam upayanya meningkatkan kepuasan peserta, tentunya akan berhadapan dengan berbagai tantangan yang salah satunya adalah potensi kecurangan (fraud) misalnya penyalahgunaan Kartu Indonesia Sehat oleh orang yang tidak berhak di Rumah Sakit.

Di era digital seperti sekarang ini, BPJS Kesehatan telah membuat inovasi untuk verifikasi peserta JKN-KIS dengan menggunakan teknologi finger print (sidik jari) saat proses pendaftaran pasien di Rumah Sakit.

Teknologi finger print ini sudah diimplementasikan sejak tahun 2017 pada pelayanan hemodialisa, untuk kemudian dilakukan pengembangan pada tahun 2019 untuk pelayanan poli lainnya.

RSU Wisma Prashanti merupakan salah satu Rumah Sakit Tipe C di Kabupaten Tabanan yang sudah mengimplementasikan teknologi finger print ini sejak tanggal 1 Mei 2019.

“Kami dari RSU Wisma Prashanti dengan komitman yang tinggi mendukung setiap program dan inovasi terbaru dari BPJS Kesehatan untuk kepentingan serta kepuasan peserta JKN-KIS yang salah satunya dengan menggunakan teknologi finger print,” ungkap Direktur RSU Wisma Prashanti I Made Surya Agung saat ditemui di ruang kerjanya pada Rabu (22/05/2019).

Surya juga berharap dengan adanya finger print ini akan dapat mempermudah operasional dari hulu ke hilir, baik dari peserta JKN-KIS atau pasien, petugas dari di RSU Wisma Prashanti dan BPJS Kesehatan.

“Sebagai bentuk dukungan nyata kami untuk mendukung inovasi BPJS Kesehatan dalam penggunaan finger print, kami sudah menyediakan perangkat finger print pada loket pelayanan dan sudah mengimplemantasikannya ke semua karyawan RSU Wisma Prashanti, pasien rawat jalan serta pasien rawat inap,” ujar Surya.

Saat ditemui di ruang kerjanya, Surya juga menambahkan jika ia akan terus melakukan monitoring dan evaluasi terhadap implementasi finger print ini serta memastikan pelayanan dapat berjalan lancar dengan adanya finger print ini.

“Kami berharap inovasi finger print ini akan berjalan berkelanjutan dan dapat membantu serta mempercepat proses pelayanan sesuai dengan moto kami yaitu melayani lebih cepat dan lebih baik,” pungkas Surya. (*)

Editor: Alfonsius Alfianus Nggubhu
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved