TNI AL Denpasar Sambut Kapal Perang Perancis FNS Vandemiaire F-734 di Pelabuhan Benoa

Kapal perang Negara Perancis FNS Vandemiaire F-734, sekitar pukul 10.00 Wita tiba dan merapat di Pelabuhan Benoa Bali, Kamis (23/5/2019).

TNI AL Denpasar Sambut Kapal Perang Perancis FNS Vandemiaire F-734 di Pelabuhan Benoa
Pen Lanal Denpasar
Kapal perang Negara Perancis FNS Vandemiaire F-734, sekitar pukul 10.00 WITA tiba dan merapat di Pelabuhan Benoa Bali, Kamis, (23/5/2019) 

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Kapal perang Negara Perancis FNS Vandemiaire F-734, sekitar pukul 10.00 Wita tiba dan merapat di Pelabuhan Benoa Bali, Kamis (23/5/2019).

Kapal perang asal Perancis itu datang ke Bali dalam rangka port visit di Pulau Dewata.

Acara yang istimewa itu disambut langsung oleh Komandan Lanal Denpasar Kolonel Laut (P) Henricus Prihantoko beserta Perwira Staf dan Atase Militer dari Negara Perancis.

"Kapal perang jenis Fregat tersebut dikomandani oleh Commander Jerome Henry dan diawaki oleh 104 ABK.
Agenda kapal itu melaksanakan pelayaran rutin yang merupakan agenda tahunan dari Angkatan Laut Perancis," terang Henricus.

Dia menuturkan, kegiatan ini telah disesuaikan jadwal yang disusun oleh Mabes AL Perancis yang juga dengan tujuan lain yaitu, bersosialisai dengan masyarakat/warga Perancis yang berdomisili di Bali.

Baca: BREAKING NEWS: Bupati Suwirta Mundur dari Gerindra, Gerindra Nilai Suwirta Tak Hargai Partai

Baca: Pihak Sudikerta Upayakan Kembalikan Uang dan Tangguhkan Penahanan, Ini Jawaban Polda Bali

Selama di Bali, FNS Vendemiaire F-734 berencana melaksanakan kegiatan kunjungan ke beberapa pejabat yang ada di Bali, di antaranya Walikota Denpasar dan melaksanakan kunjungan ke objek wisata yang ada di Pulau Bali.

Kapal yang rencananya bertolak pada tanggal 28 Mei mendatang ini memiliki sistem persenjataan yang dipesan dari DCN Lorient (Industri senjata dari Prancis, yang salah satunya pernah mengerjakan persenjataan Frigate Singapura RSS Formidable).

Meski dirancang untuk beroperasi di daerah berisiko rendah, namun tetap membawa persenjataan mereka sendiri dan membawa 1 unit helikopter yang ditempatkan di geladak buritan kapal tersebut.

Dalam rangka kunjungan kapal perang Perancis tersebut, Pangkalan TNI AL Denpasar pun tengah melakukan pengamanan.

"Sedikitnya satu pleton pasukan dari Lanal Denpasar ditempatkan di area pelabuhan serta 1 kal Catamaran untuk melaksanakan pengamanan terhadap kapal perang negara Perancis tersebut."

Baca: Bali Termasuk Daerah Rawan Terorisme dan Radikalisme, FKPT Gelar Rembug Bersama Aparatur Desa

Baca: Salahgunakan Narkotik Golongan I, WN Australia Menerima Divonis Rehab

"Berlabuhnya kapal perang kami di Pelabuhan Benoa Bali ini dalam rangka misi persahabatan serta persiapan untuk latihan. Jumlah awak kapal kami mencapai 104 orang dan memang berencana untuk beristirahat sejenak sekaligus berwisata di Bali sebelum melaksanakan latihan. Ini adalah untuk kesekian kalinya kapal perang kami berlabuh di Bali dan saya akan berkunjung ke Pemerintahan Kota Denpasar ini untuk menjalin persahabatan,” ungkap Commander Jerome Henry.

Dalam penerimaan kapal perang Perancis disajikan tarian penyambutan yaitu Tari Puspanjali yang dibawakan oleh 5 orang penari dari Sanggar Tari Kota Gianyar.

Usai penyambutan, selanjutnya Komandan Kapal FNS Vandemiaire mengundang Danlanal Denpasar dan Perwira Staf untuk berkunjung ke kapal untuk tour of duty. (*)

Penulis: Busrah Ardans
Editor: Ida Ayu Suryantini Putri
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved