Pasca Pemilu & Jelang Mudik, Aparat TNI-Polri dan Satpol PP Razia di Gilimanuk dan Padangbai

Aparat gabungan TNI-Polri dan Satpol PP wilayah Bali menggelar razia penumpang bus dan kendaraan pribadi di Pelabuhan Gilimanuk,

Pasca Pemilu & Jelang Mudik, Aparat TNI-Polri dan Satpol PP Razia di Gilimanuk dan Padangbai
Dok Pen Lanal Denpasar
Aparat gabungan TNI/Polri dan Satpol PP wilayah Bali menggelar razia penumpang bus dan kendaraan pribadi di Pelabuhan Gilimanuk, Kabupaten Jembrana dan Pelabuhan Padang Bai, Kabupaten Karangasem Bali, Jumat, (24/5/2019), kemarin. 

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Aparat gabungan TNI-Polri dan Satpol PP wilayah Bali menggelar razia penumpang bus dan kendaraan pribadi di Pelabuhan Gilimanuk, Kabupaten Jembrana dan Pelabuhan Padang Bai, Kabupaten Karangasem, Bali, Jumat, (24/5/2019), kemarin.

Razia terhadap penumpang dan barang dilaksanakan, guna mengantisipasi kelompok massa yang akan berangkat ke Jakarta pasca pengumuman hasil penghitungan suara Pileg/Pilpres Pemilu 2019 oleh KPU Pusat, (21/5/2019), lalu.

Dalam mendukung kegiatan tersebut, Pangkalan TNI AL Denpasar-Bali bersama aparat keamanan lainnya telah menugaskan personelnya yang berada di Pos TNI AL Gilimanuk dan Candi Dasa untuk melaksanakan operasi penyekatan dan pengamanan daerah pelabuhan di wilayah Kabupaten Jembrana dan Karangasem.

Komandan Lanal Denpasar Kolonel Laut (P) Henricus Prihantoko mengatakan, personel ditugaskan untuk mencegah tindakan-tindakan kelompok masyarakat yang dapat membahayakan keselamatan dan menyimpang dari aturan hukum yang berlaku.

"Target sasaran yang diperiksa antara lain kendaraan bus penumpang, mobil truk dan kendaraan pribadi dari Lombok/NTB tujuan Bali dan Jawa yang diangkut dengan kapal-kapal Ferry melalui Pelabuhan Padang Bai dan Gilimanuk," kata dia melalui siaran pers Pen Lanal Denpasar, Sabtu (25/5/2019).

Kendaraan tersebut lanjut dia, diperiksa ketika akan naik atau turun dari kapal oleh aparat keamanan yang masuk ke dalam kendaraan.

"Semua penumpang dan barang bawaan diperiksa untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan terjadi," lanjutnya.

Dalam razia tersebut, Petugas yang dilibatkan berasal dari personel Brimob Polda Bali, KP3 Pelabuhan Padang Bai, Satpol PP Kabupaten Karangasem dan Pos TNI AL Candi Dasa.

Selain itu, dia menuturkan, untuk Pelabuhan Gilimanuk, personel berasal dari Kodim Kabupaten Jembrana, Pos TNI AL Gilimanuk, Polsek KP3 dan sekuriti Pelabuhan.

"Hingga saat ini aparat keamanan belum menemukan adanya bus dan truk serta kendaraan pribadi yang mencurigakan akan berangkat ke Jakarta untuk mengikuti aksi Kedaulatan Rakyat atau people power yang menolak hasil pengumumuman penghitungan suara Pileg/Pilpres 2019," tuturnya.

Meskipun pasca pengumuman hasil penghitungan suara oleh KPU Pusat di Jakarta sudah selesai, tambah dia, aparat keamanan yang berada di Pelabuhan Padang Bai dan Gilimanuk masih tetap siaga dan waspada untuk mengantisipasi adanya pergerakan massa dari Lombok maupun Bali.

"Untuk kegiatan pengamanan obyek vital pelabuhan masih tetap dilaksanakan menjelang arus mudik lebaran Hari Raya Idul Fitri tahun 1440 H/2019 M. Berdasarkan hasil pantauan kondisi wilayah Bali pada umumnya masih relatif aman," tambahnya. (*) 

Penulis: Busrah Ardans
Editor: Ady Sucipto
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved