Bertemu Gede Widiade, Rencana Pemkab Badung Bikin Klub Profesional Liga Segera Terealisasi?

Rencana Pemerintah Kabupaten Badung memiliki klub sepakbola profesional Liga Indonesia mulai menuju titik terang

Bertemu Gede Widiade, Rencana Pemkab Badung Bikin Klub Profesional Liga Segera Terealisasi?
Infografis Tribun Bali
Stadion lama di Mengwi direnovasi menjadi stadion bertaraf internasional. Luas stadion saat ini 5 hektare, diperluas 5 hektare lagi. Stadion ini direncanakan akan menjadi markas klub profesional Badung. Bertemu Gede Widiade, Rencana Pemkab Badung Bikin Klub Profesional Liga Segera Terealisasi? 

Bertemu Gede Widiade, Rencana Pemkab Badung Bikin Klub Profesional Liga Segera Terealisasi?

Laporan Wartawan Tribun Bali, Marianus Seran

TRIBUN-BALI.COM, MANGUPURA - Rencana Pemerintah Kabupaten Badung memiliki klub sepakbola profesional Liga Indonesia mulai menuju titik terang.

Pasalnya, pengusaha Gede Widiade yang punya segudang pengalaman mengelola klub profesional di Indonesia, telah bertemu pemerintah dan KONI Badung untuk membahas rencana ini, Minggu (26/5/2019) di Badung.

Klub ini akan mendiami markas di Stadion Internasional Mengwi Badung yang kelar dikerjakan tahun 2021 jelang Porprov Bali XV di Badung September 2021.

Jika beberapa pihak sepakat, maka kemungkinan dua klub yang dikelola Gede Widiade bisa migrasi ke Bali.

Dua klub ini adalah Babel United dan Persiba Balikpapan yang berkancah di Liga II Indonesia.

Kabarnya, kedua klub ini dikelola oleh pengusaha Gede Widiade.

Baca: Museum Subak Tak Punya Tukang Kebun dan Pengawas, Permohonan ke Disbud Belum Direspons

Baca: Kontingen Buleleng Targetkan 65 Medali Emas di Porjar Bali 2019

Legenda Bali, eks kapten Gelora Dewata, I Wayan Sukadana mengatakan bisa saja solusi itu dilakukan di Badung, jika ingin secepatnya mendirikan klub profesional Liga Indonesia.

Karena jika berproses dari Liga III hingga kancah satu, prosesnya lumayan panjang.

"Persiba Balikpapan Liga II apa mungkin. Tidak mudah. Persiba pasti ada klausal yang sulit keluar dari Balikpapan. Karena klub perserikatan jadi sulit dilepas masyarakat Balikpapan. Kiprahnya lama di Liga Indonesia. Sementara Babel United Liga II, mungkin bisa pindah ke Badung. Di sana loyalitas masyarakat masih kurang. Tim baru juga, yang merger dari Aceh United Liga II," jelas Wayan Sukadana,

Sesuai informasi, Wayan Sukadana mengatakan, jika Pemkab Badung dan investor ingin mengakuisisi klub Liga II ke Badung, butuh dana kurang lebih Rp 5 miliar.

"Misalnya akuisisi klub Liga II butuh anggaran sekitar Rp 5 M, tentu dengan berbagai klausal. Saat ini banyak klub Liga II yang bisa dibeli untuk pindah ke daerah lain," jelasnya.

Baca: Sosialisasikan Revolusi Mental, Sat Polairud Polres Klungkung Gelar Program 6 Quick Wins Polri

Baca: Sekolah Minggu di Desa Padangan Tabanan, Ajak Siswa Mandiri dan Berinteraksi dengan Alam

Menurut dia, setelah diakuisisi, bisa ditambah nama Badung dan berisi pemain lokal asal Bali, seperti yang disampaikan Gede Widiade dan Pemkab Badung.

"Hal itu bisa terjadi tapi saat ini PS Badung juga ada tim Liga III. Syaratnya kalau pemain Bali, pelatih dan pengurus asal Bali, seperti yang disampaikan ke media massa yang kita baca, saya pikir bisa terjadi. Banyak warga Bali yang mendukung. Pengalaman Gelora Dewata, 60 persen pemain lokal Bali dan 50 persen pemain lokal Bali starting 11. Rasa memilikinya sangat kuat. Kalau di Bali namanya taksunya kuat," jelas Wayan Sukadana.

Sebelumnya, Ketua Askab PSSI Badung, Graha Wicaksana mengatakan pemerintah ingin menciptakan klub Liga I atau II di Badung.

"Ya, Pak Bupati (Giri Prasta) pingin bikin tim atau klub. Ada rencana bikin klub, nanti beliau yang mengelola," kata Graha Wicaksana kepada Tribun Bali, Kamis (16/5/2019) lalu.

Graha Wicaksana menjelaskan, saat ini rencana tersebut terus dikaji sembari menunggu regulasi, apakah masih bisa masuk peran pemerintah dalam mengelola klub profesional. (*)

Penulis: Marianus Seran
Editor: Irma Budiarti
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved