Dinas Pertanian Bangli Akan Bagikan Benih Gratis, Tak Banyak Petani yang Mau Menanam Jagung

Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan, dan Perikanan (PKP) Bangli bakal memberi benih jagung bagi petani di Subak Tampa Daha

Dinas Pertanian Bangli Akan Bagikan Benih Gratis, Tak Banyak Petani yang Mau Menanam Jagung
Tribun Bali/Fredey Mercury
Kondisi lahan pertanian di wilayah Subak Gede Tampa Daha, Bangli, belum lama ini. 

TRIBUN-BALI.COM, BANGLI – Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan, dan Perikanan (PKP) Bangli bakal memberi benih jagung bagi petani di Subak Tampa Daha.

Upaya ini diyakini mampu mengantisipasi lahan tidur atau bero, akibat dampak kekeringan yang menimpa ratusan hektare itu.

Kepala Dinas PKP, I Wayan Sukartana, Minggu (26/5/2019) menyebutkan total luas lahan yang terdampak jebolnya tanggul Munduk Bebengan mencapai 112 hektare.

Jumlah tersebut terdiri dari delapan subak. Ia juga tidak menampik, dampak kekeringan itu mampu mempengaruhi musim tanam berikutnya.

“Sekitar awal bulan Mei, kami dari Dinas PKP bersama dengan tim tekhnis Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, dan Kawasan Pemukiman (PUPRKim), sudah turun langsung menijau kondisi kerusakan saluran irigasi. Kerusakan di sana sangat besar, dan diperkirakan tidak mungkin perbaikannya diambil pada APBD Perubahan,” ujarnya.

Sukartana juga mengaku telah meninjau subak terdampak, serta mengatakan pada para petani sekitar bahwa akan terganggu mengenai pola tanam padi.

Walau demikian, pihaknya telah menawarkan akan membantu dengan tanaman palawija alias jagung.

“Padi boleh berubah karena terkait dengan perairan. Namun bisa diganti dengan jagung. Hal ini sesuai dengan program swasembada pangan upaya khusus padi, jagung, dan kedelai (upsus pajale),” ucapnya.

Upaya yang dilakukan ini, lanjut Sukartana adalah untuk meminimalisir lahan tidur atau bero.

Walau demikian, pihaknya tidak bisa memaksakan para petani untuk menanam jagung, meskipun pihaknya memberi benihnya secara cuma-cuma.

Halaman
12
Penulis: Muhammad Fredey Mercury
Editor: Widyartha Suryawan
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved