1.200 Pekerja Belum Dijamin BPJS, 252 Perusahaan di Gianyar Terancam Pidana

BPJS Kesehatan Bali timur, mencatat ada ratusan perusahaan di Kabupaten Gianyar, yang belum memberikan jaminan kesehatan JKN-KIS, pada pekerjanya

1.200 Pekerja Belum Dijamin BPJS, 252 Perusahaan di Gianyar Terancam Pidana
(thikstockphotos)
Ilustrasi pekerja - BPJS Kesehatan Bali timur, mencatat ada ratusan perusahaan di Kabupaten Gianyar, yang belum memberikan jaminan kesehatan JKN-KIS, pada pekerjanya. 

TRIBUN-BALI.COM, GIANYAR – BPJS Kesehatan Bali timur, mencatat ada ratusan perusahaan di Kabupaten Gianyar, yang belum memberikan jaminan kesehatan JKN-KIS, pada pekerjanya.

Padahal bagi perusahaan yang melanggar bisa dikenakan pidana. 

Saat ini, pihak BPJS Kesehatan tengah melakukan komunikasi persuasif terhadap perusahan-perusahaan tersebut, sebelum melimpahkan hal ini ke Kejaksaan Negeri (Kejari) Gianyar.

Berdasarkan data yang dihimpun Tribun Bali, di BPJS Kesehatan Bali timur, Senin (27/5/2019), ada 1.200 orang pekerja di Kabupaten Gianyar yang belum diberikan jaminan JKN-KIS atau BPJS Kesehatan oleh perusahaan.

Di mana karyawan-karyawan tersebut tersebar di 252 perusahaan, meliputi perhotelan, vila, restauran hingga warung lesehahan yang masuk ke dalam unit usaha menengah. 

Kepala BPJS Kesehatan Bali Timur, Endang Triana Simanjuntak membenarkan hal tersebut. Namun ia menegaskan, jumlah 1.200 orang karyawan tersebut baru sebatas estimasi.

Sebab bisa saja yang bersangkutan saat ini telah berhenti dari pekerjaannya. Atau perusahaan yang melanggar Perpres ini menambah jumlah pekerja.

Bila hal tersebut terjadi, kata dia, tentunya jumlah karyawan yang belum terjamin JKN-KIS bertambah di Kabupaten Gianyar.

“Perusahaan ini meliputi hotel, vila, perusahaan garmen, warung makan lesehan juga ada. Kesannya mereka perusahaan kecil, tapi rata-rata mereka mempekerjaan pegawai 60 sampai 70 orang,” ujar Dokter Endang.

Endang menjelaskan, pihaknya memperoleh data tersebut secara door to door. Karena itu, diduga masih ada perusahaan lain yang belum terdata.

Halaman
12
Penulis: I Wayan Eri Gunarta
Editor: Widyartha Suryawan
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved