Dua Negara Ini Pesaing Berat Indonesia untuk Jadi Tuan Rumah Olimpiade 2032

Indonesia tentu bukan satu-satunya negara yang tertarik menjadi tuan rumah atau penyelenggara ajang

Dua Negara Ini Pesaing Berat Indonesia untuk Jadi Tuan Rumah Olimpiade 2032
Dokumen KOI
Wakil Presiden Republik Indonesia Jusuf Kalla (kiri) bertemu dengan Presiden Komite Olimpiade Internasional (IOC) Thomas Bach, di markas IOC, Laussane, Swiss, Rabu (15/5/2019). 

TRIBUN-BALI.COM- Indonesia tentu bukan satu-satunya negara yang tertarik menjadi tuan rumah atau penyelenggara ajang olahraga multi-event Olimpiade 2032.

Menurut Harry Warganegara selaku Komisi Sport Development Komite Olimpiade Indonesia (KOI), Korea dan India menjadi kandidat selain Indonesia yang ingin jadi tuan rumah Olimpiade 2032.

"Apalagi, Korea punya jualan yang cukup bagus yaitu rencana bersatunya Korea Selatan dan Korea Utara. Itu jualannya mereka," kata Harry saat ditemui Kompas.com di Jakarta, Senin (27/5/2019).

Meski demikian, Harry menuturkan bahwa Indonesia juga serius menawarkan diri menjadi tuan rumah Olimpiade 2032.

Baca: Jejak Langkah Mayjen (Purn) Kivlan Zein, Karir Cemerlang di Militer Kini Jadi Tersangka Kasus Makar

Baca: 6 Pasangan Zodiak Ini Diramalkan Tak Bertahan Lama, Tidak Cocok dan Sama-sama Kepala Batu

Salah satu bentuk keseriusan Indonesia yakni langkah Presiden Joko Widodo yang telah melayangkan surat resmi kepada Komite Olimpiade Internasional (IOC).

Selain itu, Wakil Presiden Jusuf Kalla juga menindaklanjutinya dengan melakukan kunjungan ke kantor IOC di Swiss pada beberapa waktu lalu.
"Pastinya Indonesia juga tak mau ketinggalan. Itulah bentuk keseriusan kami, dan itu belum dilakukan Korea dan India," tutur Harry.

"Korea dan India baru sekadar berbicara di medianya mereka saja bahwa mereka juga mau jadi tuan rumah Olimpiade 2032."

Baca: Taksi Online Wajib KTP Bali & Berplat DK, Kadishub Janjikan Penyusunan Pergub Selesai Dua Minggu

Baca: Aston Villa Promosi ke Premier League Musim Depan, Tim Asuhan Frank Lampard Gagal

Optimisme Indonesia menawarkan diri menjadi tuan rumah Olimpiade 2032 didasari pula dengan pengalaman menggelar Asian Games dan Asian Para Games 2018 yang diadakan di Jakarta serta Palembang.

Dari sana, kata Harry, pemerintah dan lembaga-lembaga terkait tinggal menentukan berbagai hal teknis, misalnya menyangkut lokasi penyelenggaraan, atau mengenai venue.

Oleh karena itu, Harry menyarankan agar Indonesia segera membentuk tim khusus untuk pengajuan tuan rumah Olimpiade 2032 (bidding).

"Contoh nanti siapa ketuanya, bisa saja dipegang presiden langsung, atau wakil presiden, atau bisa juga Ketua KOI-nya. Nah, ini kami belum tahu. Mungkin nanti koordinasinya di bawah Menko PMK atau Kemenpora," ujar Harry.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Korea dan India Saingi Indonesia untuk Jadi Tuan Rumah Olimpiade 2032

Editor: DionDBPutra
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved