Gema Budaya Indonesia di Acara HUT Kota Ivanovo Rusia, Dua Tarian dari Bali Ikut Tampil

Acara semakin meriah dengan penampilan tarian dari berbagai daerah Indonesia oleh Kirana Nusantara Dance yang juga binaan KBRI.

Gema Budaya Indonesia di Acara HUT Kota Ivanovo Rusia, Dua Tarian dari Bali Ikut Tampil
Istimewa/KBRI Moskow
Tim Kesenian KBRI Moskow tampil pada acara pembukaan Hari Kota Ivanovo ke-148 di Ivanovo, Rusia, Sabtu (25/5/2019). 

Gema Budaya Indonesia di HUT Kota Ivanovo Rusia, Dua Tarian dari Bali Ikut Tampil

TRIBUN-BALI.COM, MOSKOW - Tim Kesenian Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Moskow turut memeriahkan hari jadi Kota Ivanovo ke-148 tahun yang berlangsung di Ivanovo, Rusia, Sabtu (25/5/2019).

Indonesia adalah satu-satunya negara yang diundang dalam acara tersebut.

Tim yang dipimpin langsung oleh Duta Besar RI untuk Federasi Rusia dan Republik Belarusia, M Wahid Supriyadi ini menampilkan berbagai acara, seperti pertunjukan musik gamelan, tari-tarian, lokakarya tari dan juga dilibatkan dalam acara pembukaan bersamaan dengan tim kesenian lokal.

Pertunjukan gamelan menarik perhatian masyarakat setempat yang menyaksikan karena keunikan alat-alat musiknya yang membentuk suatu orkestra.

Ketertarikan masyarakat ditambah ketika dua pesinden berkewarganegaraan Rusia, Yulia Ryzhaya dan Anna Zhikhareva menyanyikan beberapa lagu seperti Selendang Biru, Simpang Lima, Aja Dipleroki, Ayun Ayun, dan Kuwi Apa Kuwi.

Bahkan Gamelan Dadali binaan KBRI Moskow asuhan Tri Koyo ini mengiringi acara fashion show yang menampilkan desainer lokal.

“Ïni adalah penampilan gamelan di kota keempat di Rusia dalam dua tahun terakhir, setelah Moskow, Moskow Region, Kazan dan St Petersburg. Untuk kedua kalinya pula gamelan mengiringi acara fashion show di Rusia. Hal ini menunjukkan bahwa musik tradisional Indonesia semakin diterima di Rusia,” kata Dubes Wahid kepada masyarakat setempat dalam sambutannya di sela-sela pentunjukan gamelan.

Sekretaris Pertama Fungsi Pensosbud KBRI Moskow, Enjay Diana dalam rilisnya yang diterima Tribun Bali, Selasa (28/5/2019), menyebutkan, acara semakin meriah dengan penampilan tarian dari berbagai daerah Indonesia oleh Kirana Nusantara Dance yang juga binaan KBRI Moskow asuhan Elizabeth Nur Nilasari.

Di antara tarian-tarian tersebut adalah Tari Tifa (NTT), Tari Incling Jangget (Jateng), Tari Enggang (Kaltim), Tari Piring (Sumbar), Tari Golek Kenya Tinembe (Yogyakarta), Tari Cendrawasih (Bali), dan Tari Margapati (Bali).

Halaman
123
Editor: Kander Turnip
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved