Pascasarjana Undiksha Lahirkan Dua Doktor, Ini Topik Penelitian Mereka

Penelitian tersebut dilatarbelakangi oleh persoalan global akan rendahnya sikap positif terhadap Bahasa Indonesia.

Pascasarjana Undiksha Lahirkan Dua Doktor, Ini Topik Penelitian Mereka
Tribun Bali/Ratu Ayu Astri Desiani
Dua lulusan Program Doktor Program Studi Pendidikan Bahasa seusai melaksanakan ujian terbuka, di kampus Pascasarjana Undiksha, Buleleng, Bali, Selasa (28/5/2019). 

Pascasarjana Undiksha Lahirkan Dua Doktor, Ini Topik Penelitian Mereka

TRIBUN-BALI.COM, SINGARAJA - Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) kembali “melahirkan” dua doktor, yakni I Putu Mas Dewantara dan M Mugni Assapari.

Keduanya yang mengambil Program Studi Pendidikan Bahasa melaksanakan ujian terbuka, di kampus Pascasarjana Undiksha, Singaraja, Buleleng, Bali, Selasa (28/5/2019).

Promovendus, Mas Dewantara mengangkat disertasi “Pengembangan Perangkat Pembelajaran MPK Bahasa Indonesia Berorientasi Sikap Bahasa di Universitas Pendidikan Ganesha”.

Secara singkat dijelaskan dengan perangkat itu mahasiswa Undiksha tidak hanya unggul dalam penguasaan bidang masing-masing, tetapi juga memiliki kesantunan berbahasa ketika berkomunikasi.

Penelitian tersebut dilatarbelakangi oleh persoalan global akan rendahnya sikap positif terhadap Bahasa Indonesia.

“Sekarang banyak ditemukan kesalahan berbahasa. Ada juga kesan bahwa Bahasa Indonesia itu, yang penting maksudnya tersampaikan. Jadi ada hal-hal lain yang dikorbankan. Oleh karenanya perangkat ini ditujukan untuk mengatasi masalah itu,” sebutnya.

Perangkat pembelajaran ini, sambungnya cukup valid, praktis dan efektif. Oleh karena itu dapat disarankankan kepada dosen MPK Bahasa Indonesia untuk menggunakan dalam pembelajaran.

Tak dimungkiri, untuk mendapatkan disertasi sesuai harapan, ada sejumlah kendala.

Namun demikian itu dijadikan tantangan.

Halaman
12
Penulis: Ratu Ayu Astri Desiani
Editor: Kander Turnip
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved