Soal Wacana Driver Taksi Online Wajib Ber-KTP Bali, Begini Komentar Jayamahe

Direktur PT Dwi Sarana Mesari (Jayamahe Transport) Aryanto kurang sepakat dengan lahirnya Peraturan Gubernur (Pergub) tentang pengaturan

Soal Wacana Driver Taksi Online Wajib Ber-KTP Bali, Begini Komentar Jayamahe
net
Ilustrasi mobil 

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR -- Direktur PT Dwi Sarana Mesari (Jayamahe Transport) Aryanto kurang sepakat dengan lahirnya Peraturan Gubernur (Pergub) tentang pengaturan transportasi di kawasan tertentu.

Alasannya, Pergub akan merugikan konsumen.

Menurutnya, selama ini praktik monopoli dan penerapan harga oleh taksi konvensional sudah dirasa sangat merugikan wisatawan.

“Ditambah lagi jika rencana aturan ini diterapkan, maka transport konvensional akan semakin memonopoli dan lebih arogan dalam memainkan harga seenaknya sendiri karena mereka tidak memiliki kompetitor lagi,” kata Aryanto kepada Tribun Bali, Senin (27/5).

Bahkan Aryanto menilai langkah Gubernur Bali menerapkan pembatasan zonasi operasional akan menabrak banyak aturan, terutama UU Nomor 5 tahun 1999 tentang larangan praktek monopoli dan persaingan usaha tidak sehat.

“Yang benar adalah gubernur hanya bisa mengatur dan menyesuaikan harga di beberapa zona yang dirasa perlu diatur oleh gubernur untuk menyelesaikan polemik taksi online dan konvensional ini,” terangnya.

Selanjutnya perihal driver taksi online wajib ber-KTP Bali, ia menafsirkan warga negara Indonesia lain yang tidak ber-KTP Bali tidak boleh mencari nafkah di Bali.

Menurut Aryanto, bakal atau ada banyak aturan yang berpeluang ditabrak oleh gubernur.

“Itu adalah diskriminatif. Padahal berdasarkan UUD 1945 pasal 27 menyebutkan tiap-tiap warga negara mendapatkan kedudukan, posisi hak dan kewajiban yang sama dalam mendapatkan pendapatan dan kehidupan yang layak. Itu sudah dilindungi oleh Undang-undang,” paparnya.

Sementara dihubungi terpisah, KSU Mitra Rakyat (BUSER) sebagai mitra dari Grab menyampaikan pihaknya tidak keberatan dengan rencana Pergub pengaturan transportasi kawasan tertentu.

Halaman
12
Penulis: Wema Satya Dinata
Editor: Ady Sucipto
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved