Israel Tempuh Langkah Mengejutkan, Cabut Larangan Perdagangan dengan Musuhnya Irak

Pemerintah Israel telah resmi mencabut larangan menjalin perdagangan dengan Irak, meski kedua negara tidak memiliki hubungan diplomatik dan secara

Israel Tempuh Langkah Mengejutkan, Cabut Larangan Perdagangan dengan Musuhnya Irak
Shutterstock
Suasana pasar di Baghdad, Irak. 

Israel Tempuh Langkah Mengejutkan, Cabut Larangan Perdagangan dengan Irak

TRIBUN-BALI.COM, TEL AVIV - Pemerintah Israel telah resmi mencabut larangan menjalin perdagangan dengan Irak, meski kedua negara tidak memiliki hubungan diplomatik dan secara teknis sedang berperang.

Menteri Keuangan Israel, Moshe Kahlon, pada Senin (27/5/2019), telah menandatangani arahan resmi yang mengizinkan dilakukannya perdagangan dengan Irak. Demikian dilaporkan surat kabar Israel, Maariv.

Arahan tersebut berseberangan dengan hukum "Perintah Perdagangan dengan Musuh", yang awalnya ditandatangani selama periode Mandat Inggris dan mendefinisikan negara-negara musuh yang terlarang untuk menjalin perdagangan.

Pemerintah Israel mengadopsi hukum tersebut atas pembentukan negara pada 1948 dan sejak saat itu mematuhi batasan-batasannya.

Baca: Pagi Buta Prabowo Bertolak ke Dubai Via Halim dengan Private Jet Bareng Bule Ini, Ada Apa?

Baca: Terungkap Masa Lalu Bule Jerry D Gray Setelah Ditangkap Polisi, Eks AU Amerika & Sudah Jadi WNI

Baca: Ramalan Zodiak Rabu 29 Mei 2019 Jangan Sedih Aries, Segala Sesuatu Akan Menjadi Jelas

Namun arahan Kahlon tersebut tidak mengubah status negara-negara Timur Tengah lainnya yang disebutkan dalam hukum era Mandat, di antaranya Iran, Lebanon, Suriah, dan Yaman.

Ditambahkan surat kabar Maariv, meski adanya hukum di tersebut, namun produk-produk Israel telah sejak lama dijual ke Irak melalui negara-negara proksi, seperti Yordania dan Siprus.

Produk-produk Israel tersebut di antaranya obat-obatan, produk pertanian, hingga kurma, yang banyak ditanam di wilayah permukiman di daerah yang diduduki Israel di Tepi Barat.

Arahan resmi oleh menteri keuangan Israel tersebut tidak turut menyertakan alasan diizinkannya perdagangan dengan Irak.

Baca: VIDEO! SEDANG BERLANGSUNG Live Streaming Semen Padang Vs Persib Bandung

Baca: Wanita Berusia Satu Abad Ini Terpilih sebagai Anggota Dewan Kota di Jerman

Inisiatif ini juga telah membuat Israel mampu menjangkau sejumlah negara Teluk, dengan tokoh-tokohnya menghadiri pertemuan publik dengan pejabat Oman, Emirat, dan Bahrain.

Irak dan Israel secara teknis berperang sebagai akibat dari keterlibatan Baghdad dalam Perang 1967 dan Perang 1973, yang keduanya berakhir tanpa kesepakatan damai formal.

Irak juga mengikuti boikot Liga Arab terhadap Israel, yang berdampak kepada kedua negara tidak memiliki hubungan diplomatik resmi.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Israel Cabut Larangan Menjalin Perdagangan dengan Irak

Editor: DionDBPutra
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved