Malam Renungan AIDS Nusantara 2019 Nyalakan Ratusan Lilin

Forum Peduli AIDS (FPA) bekerjasama dengan Yayasan Kesehatan Bali menggelar Malam Renungan AIDS Nusantara (MRAN)

Malam Renungan AIDS Nusantara 2019 Nyalakan Ratusan Lilin
Tribun Bali/Noviana Windri
Suasana Malam Renungan AIDS Nusantara (MRAN) bertajuk "Sudah Waktunya Adat Bersama Kita" dengan menyalakan lilin dan bernyanyi bersama di Wantilan Desa Pakraman Panjer, Denpasar, Bali, Selasa (28/5/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Bali, Noviana Windri Rahmwati

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Forum Peduli AIDS (FPA) bekerjasama dengan Yayasan Kesehatan Bali menggelar Malam Renungan AIDS Nusantara (MRAN) bertajuk "Sudah Waktunya Adat Bersama Kita" di Wantilan Desa Pakraman Panjer, Denpasar, Bali, Selasa (28/5/2019).

Drs Made Efo Suarmiartha MSi sebagai anggota FPA menuturkan, Malam Renungan AIDS Nusantara (MRAN) digelar untuk mengingatkan bahwa HIV/AIDS masih ada di lingkungan masyarakat.

Baca: Dilarang Mudik Pakai Kendaraan Dinas & Terima Parsel, Menteri PANRB Minta Seluruh ASN Patuhi Aturan

Baca: H-7 Lebaran 2019 Pelabuhan Gilimanuk Mulai Dipadati Kendaraan Roda Dua

"Untuk mengingatkan bahwa HIV/AIDS masih ada di sekitar kita. Sub tema dari kegiatan ini adalah Sudah Waktunya Adat Bersama Kita. Akhir dari proses ini akan didapat jawaban tema MRAN: Mengintensifkan upaya mendapat hak kesehatan dan hak asasi bagi komunitas," ucap.

Menurutnya, HIV/ADIS kini tidak lagi bicara kelompok perilaku berisiko dan tidak berisiko, permasalahan perkotaan atau berasal dari luar.

Tetapi sudah menjadi permasalahan kabupaten sampai ke desa terpencil di Bali.

Baca: Duta Badung Akan Suguhkan Tari Kolosal Mekotek Pada PKB 2019

Baca: 7 Profesi Ini Rela Tidak Mudik Lebaran dan Tetap Bekerja saat Lebaran Idul Fitri

"Harapan bagi kita semua terhadap HIV dan AIDS dengan berbagi permasalahannya ini menjadi isu, dan kemudian direspons pemerintah diterjemahkan dalam bentuk program yang terkonstruksi secara nyata dan berkesinambungan," tambahnya.

Acara ini dihadiri sekitar 150 orang lebih dari Dinas Kesehatan, KPA Provinsi Bali, Majelis Utama Desa Pakraman (MUDP) Provinsi Bali, unsur LSM yang bergerak dalam bidang penanggulangan HIV/AIDS, Kelompok Dukungan Sebaya (KDS) dan kelompok komunitas.

Acara ditutup dengan menyalakan ratusan lilin dan bernyanyi bersama.(*)

Penulis: Noviana Windri
Editor: Irma Budiarti
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved