Putu Setia Menjarit Tragedi Dukana Masa Lalu dalam Lentera Batukaru

Kisah ini diawali dengan seorang politisi bercelana pendek yang menuliskan kisah getir dari I Wayan Sunawa yang merupakan keponakannya sendir

Putu Setia Menjarit Tragedi Dukana Masa Lalu dalam Lentera Batukaru
Tribun Bali/I Putu Supartika
Bedah buku Lentera Batukaru karya Putu Setia, di Bentara Budaya Bali, Rabu (29/5/2019). Putu Setia Menjarit Tragedi Dukana Masa Lalu dalam Lentera Batukaru 

Putu Setia Menjarit Tragedi Dukana Masa Lalu dalam Lentera Batukaru

Laporan Wartawan Tribun Bali, I Putu Supartika

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Kisah ini diawali dengan seorang politisi bercelana pendek yang menuliskan kisah getir dari I Wayan Sunawa yang merupakan keponakannya sendiri.

Ini adalah kisah yang dijarit dari getirnya tragedi dukana masa lalu, yang menyisakan luka hingga hari ini oleh seorang wartawan senior yang kini jadi pendeta, Putu Setia atau Ida Pandita Mpu Jaya Prema Ananda.

Dalam bedah buku yang digelar di Bentara Budaya Bali, Rabu (30/5/2019) malam, penulis menuturkan sekelumit kisah lahirnya novel yang mengambil judul Lentera Batukaru.

Buku ini lahir sebagai semacam 'pesanan' oleh beberapa temannya.

Buku ini pula ditulis berdasarkan otobiografi yang ditulis oleh Putu Setia sebelumnya yakni Wartawan Jadi Pendeta.

"Otobiografi itu saya tulis lima tahun lalu setelah operasi prostat, karena mengira umur tidak akan panjang dan saya menulis pada usia 63 tahun karena tidak yakin bisa berumur 70 tahun," kata Ida.

Buku tersebut mendapat sambutan yang lumayan bagus, namun ada saran dari beberapa temannya di Jakarta untuk mengambil khusus masalah politik yang ada dalam buku tersebut menjadi tulisan baru.

"Teman saya mengatakan tidak banyak orang luar tahu bagaimana anak SMP main politik sampai bunuh-bunuhan. Awalnya saya berpikir itu sangat sulit apalagi yang terlibat masih hidup dan ada di kampung saya," tuturnya.

Halaman
1234
Penulis: Putu Supartika
Editor: Irma Budiarti
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved