Doa Solidaritas Indonesia dan Muslim Rusia untuk Palestina di Bulan Ramadan

Pemerintah Indonesia tetap berkomitmen untuk terus mendukung perjuangan bangsa Palestina.

Doa Solidaritas Indonesia dan Muslim Rusia untuk Palestina di Bulan Ramadan
Istimewa/Kedubes RI Moskow
Dubes RI untuk Rusia merangkap Belarusia M Wahid Supriyadi menyampaikan sambutan pada acara solidaritas untuk rakyat Palestina di Moscow Cathedral Mosque, Moskow, Rusia, Jumat (31/5/2019). 

Doa Solidaritas Indonesia dan Muslim Rusia untuk Palestina di Bulan Ramadan

TRIBUN-BALI.COM, MOSKOW - Duta Besar Republik Indonesia untuk Federasi Rusia merangkap Republik Belarusia M Wahid Supriyadi menghadiri acara doa bersama di Moscow Cathedral Mosque, Moskow, Rusia, Jumat (31/5/2019).

Doa bersama dihadiri juga oleh sekitar 20 ribu umat muslim yang melaksanakan salat Jumat dan sejumlah Duta Besar, korps diplomatik dan tamu undangan lainnya, termasuk Mahmoud Al-Habbash, Penasihat Presiden Palestina untuk masalah agama dan juga Hakim Agung Palestina yang menyampaikan kotbah Jumat.

Doa bersama tersebut sebagai bentuk rasa solidaritas terhadap rakyat Palestina.

Dalam sambutan singkat, Dubes Wahid menyampaikan bahwa pemerintah dan rakyat Indonesia senantiasa dan terus mendukung kemerdekaan rakyat Palestina untuk hidup dalam kemerdekaan dan perdamaian.

“Pemerintah Indonesia tetap berkomitmen untuk terus mendukung perjuangan bangsa Palestina,” kata Dubes Wahid di hadapan ribuan umat Muslim yang memenuhi masjid.

Munurut Dubes Wahid, Indonesia sebagai anggota Tidak Tetap Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (DK PBB) dan dalam debat terbuka DK PBB 29 April lalu menyampaikan tiga hal utama terkait Palestina.

Ceramah Ketua Dewan Mufti Rusia Mufti Sheikh Ravil Raynutdin mengenai Palestina di hadapan para jemaah salat Jumat di Moscow Cathedral Mosque, Moskow, Rusia, Jumat (31/5/2019).
Ceramah Ketua Dewan Mufti Rusia Mufti Sheikh Ravil Raynutdin mengenai Palestina di hadapan para jemaah salat Jumat di Moscow Cathedral Mosque, Moskow, Rusia, Jumat (31/5/2019). (Istimewa/Kedubes RI Moskow)

Ketiga hal tersebut adalah krisis kemanusiaan yang terus memburuk, solusi terhadap permasalahan harus mengacu pada parameter yang sudah disetujui, dan urgensi agar DK PBB segera melakukan tindakan nyata.

Selain Dubes Wahid, sambutan singkat disampaikan juga oleh Dubes Palestina, Turki, dan Iran untuk Rusia.

Sementara itu, Ketua Dewan Mufti Rusia dan Ketua Majelis Muslim Federasi Rusia Mufti Sheikh Ravil Gaynutdin menyampaikan rasa solidaritasnya atas upaya-upaya rakyat Palestina untuk menentukan nasib sendiri, merdeka dan membangun hidup yang layak.

Konflik Palestina dan Israel terus berkelanjutan dan menjadi perhatian dunia internasional, termasuk umat muslim Rusia.

Doa bersama di Moscow Cathedral Mosque dipanjatkan kepada Tuhan YME agar konflik di Timur Tengah segera berakhir dan rakyat Palestina hidup damai.

Doa bersama memiliki arti penting karena dilaksanakan pada Hari Internasional Al-Quds, yaitu sebuah acara tahunan yang diadakan pada Jumat terakhir di bulan Ramadan untuk menunjukkan dukungan bagi pembebasan bangsa Palestina dari penjajahan Israel.

Doa bersama juga bertepatan dengan menjelang malam Lailatul Qadar, yaitu malam ke-27 di bulan Suci Ramadan 1440 H.

Menurut Sekretaris Pertama Fungsi Pensosbud KBRI Moskow, Enjay Diana, pada rilis yang diterima Tribun Bali, Sabtu (1/6/2019), doa bersama dipimpin langsung oleh Ketua Dewan Mufti Rusia Mufti Sheikh Ravil Gaynutdin. (*)

Editor: Kander Turnip
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved