Minimal Harus Ada Dua Calon Perbekel, Anggaran Pilkel Serentak di Tabanan Rp 200 Juta

Pemilihan Perbekel (Pilkel) serentak di Kabupaten Tabanan akan dilaksanakan pada pekan kedua bulan November mendatang dan duiikuti oleh 98 desa

Minimal Harus Ada Dua Calon Perbekel, Anggaran Pilkel Serentak di Tabanan Rp 200 Juta
Tribun Bali/Prima
Ilustrasi pencoblosan pemilihan perbekel 

TRIBUN-BALI.COM, TABANAN - Pemilihan Perbekel (Pilkel) di Kabupaten Tabanan akan dilaksanakan pada pekan kedua bulan November mendatang.

Ada 98 desa yang akan menggelarnya secara serentak. Anggaran yang digelontorkan untuk hajatan tersebut senilai Rp 200 Juta.

Berdasarkan data yang diperoleh di DPMD Tabanan, Pilkel digelar hampir merata di tiap kecamatan di antaranya Kecamatan Tabanan ada 12 desa, Kecamatan Selemadeg Timur 8 desa, Kecamatan Selemadeg 6 desa, Kecamatan Selemadeg Barat 7 desa, Kecamatan Pupuan 6 desa, Kecamatan Kediri 13 desa, Kecamatan Baturiti 9 desa, Kecamata Penebel 11 desa, Kecamatan Marga 12 desa dan Kecamatan Kerambitan 14 desa.

Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Tabanan mengaku telah melakukan sejumlah persiapan sejak Februari 2019 lalu.

Mereka sudah menunjuk Penjabat (Pj) Perbekel di 98 desa. Rencananya sosialisasi akan diadakan pada 17 Juni mendatang ke sepuluh kecamatan.

"Saat ini jadwal untuk pelaksanaan Pilkel serentak sudah diajukan ke Asisten I Sekda Tabanan. Yang jelas pemilihan nanti akan dilangsungkan pada minggu kedua bulan November dan pelantikannya pada minggu ke tiga bulan Desember," kata Kepala Bidan Pemerintahan Desa (Pemdes) Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Tabanan, Wayan Carma, saat dihubungi, Jumat (31/5/2019).

Saat sosialisasi, kata dia, juga akan mengundang tiga perwakilan dari masing-masing desa yakni panitia, perangkat desa, dan ketua Badan Perwakilan Desa (BPD).

"Nanti yang diundang tiga orang setiap desa," imbuhnya.

Carma melanjutkan, untuk anggaran kurang lebih akan menyiapkan senilai Rp 200 juta dan ditambah dengan dana BKK Desa masing-masing.

Dalam pelaksanaannya, akan ada sedikitnya dua dan maksimal lima calon perbekel. (*)

Penulis: I Made Prasetia Aryawan
Editor: Widyartha Suryawan
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved