Selama Cuti Bersama Lebaran, Warga Tabanan Tetap Bisa Urus KTP dan KIA

Selama cuti bersama Hari Raya Idul Fitri, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Tabanan masih membuka pelayanan administrasi bagi masyarakat

Selama Cuti Bersama Lebaran, Warga Tabanan Tetap Bisa Urus KTP dan KIA
Tribun Bali/Made Prasetia Aryawan
Suasana pelayanan administrasi di Kantor Disdukcapil Tabanan belum lama ini. 

TRIBUN-BALI.COM, TABANAN - Selama cuti bersama Hari Raya Idul Fitri, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Tabanan masih membuka pelayanan administrasi bagi masyarakat.

Pelayanan administrasi yang akan diberikan adalah perekaman e-KTP dan pencetakan KIA. Jumlah petugas yang akan disiagakan sebanyak tujuh orang selama tujuh hari.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Tabanan, IGA Rai Dwipayana mengungkapkan, dibukanya layanan saat cuti bersama ini juga mengacu pada surat dari Dirjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil perihal penyelesaian target kinerja penyelenggara administrasi kependudukan.

"Selain itu, juga bertujuan sebagai antisipasi membludaknya masyarakat dalam mengurus administrasi. Sebab belakangan ini banyak permohonan untuk KIA," jelas Rai Dwipayana.

Dia melanjutkan, sistem pelayanan akan diberlakukan mulai pukul 09.00-12.00 Wita. Selama cuti bersama, kegiatan administrasi akan difokuskan di Dinas dan di Kecamatan ditiadakan.

"Jadi nanti kami akan terapkan sistem piket selama cuti bersama. Kemudian waktu layanan juga diberlakukan kurang lebih 3 jam agar para staf tetap bisa menikmati libur," jelasnya.

Saat ini, kata dia, pelayanana lebih banyak dari permohonan untuk KIA karena menjelang penerimaan peserta didik baru (PPDB). Rata-rata jumlah permohonan KIA setiap harinya sebanyak 50-60 orang.

Selain itu, juga terkait dengan adanya instruksi dari mulai lahir hingga berusia 17 tahun wajib memiliki kartu identitas khusus untuk anak.

"Sehingga dengan pelayanan saat hari libur ini, akan dimanfaatkan oleh masyarakat dan tidak membludak setelah cuti bersama berakhir," harapnya.

PDAM Tabanan Tetap Buka
Sementara itu, layanan PDAM Tabanan juga tetap buka selama cuti bersama. Mereka hanya libur saat Idul Fitri tanggal 5-6 Mei 2019. Artinya Kantor PDAM hanya tutup dua hari tidak seminggu.

Kepala Bagian Hubungan Langganan PDAM Tabanan Ida Bagus Marjaya mengatakan, selama libur lebaran dan cuti bersama yang akan berlangsung seminggu, PDAM Tabanan tidak mengambil cuti bersama.

"Kami hanya libur dua hari tanggal 5 dan 6 Mei sisanya masuk," ujarnya saat dikonfirmasi.

Marjaya melanjutkan, dengan tidak mengambil cuti bersama diharapkan kepada masyarakat tidak perlu khawatir dalam melakukan pembayaran.

"Saat ini pembayaran secara online juga sudah bisa dilakukan dengan menggunakan mobile banking. Ke kantor juga bisa karena kantor tetap buka," tandasnya. (*)

Penulis: I Made Prasetia Aryawan
Editor: Widyartha Suryawan
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved