Terapkan Sistem e-Payment, Pasar Sindu Sanur Dijadikan Percontohan Nasional

Menteri Perdagangan Indonesia, Enggartiasto Lukita menjadikan Pasar Sindu, Sanur, Denpasar sebagai percontohan nasional

Terapkan Sistem e-Payment, Pasar Sindu Sanur Dijadikan Percontohan Nasional
Tribun Bali/Putu Supartika
Menteri Perdagangan Indonesia, Enggartiasto Lukita berfoto dengan wisatawan asing saat mengunjungi Pasar Sindu, Sanur, Denpasar, Senin (3/6/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Bali, I Putu Supartika

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Menteri Perdagangan Indonesia, Enggartiasto Lukita menjadikan Pasar Sindu, Sanur, Denpasar sebagai percontohan nasional.

Hal ini juga sesuai dengan saran dari Presiden RI Joko Widodo yang meminta pihaknya mengambil contoh tentang pengelolaan pasar tradisional dari Pasar BSD, Serpong, Banten, dan Pasar Sindu, Sanur, Denpasar.

Bahkan saat kunjungannya ke Pasar Sindu, Senin (3/6/2019), Enggartiasto mengatakan ada tiga hal yang akan dipelajari dari Pasar Sindu yakni pengolahan limbah, space untuk Pedagang Kaki Lima (PKL), dan pembayaran online (e-payment).

"Pasar ini jadi pasar percontohan karena sudah beberapa kali dapat penghargaan yang luar biasa dan sekarang belajar dari pasar ini ada dua hal yang ditambahkan sebagai persyaratan standar bangunan pasar," katanya.

Baca: Jung Kumis Berhenti Bekerja di Bank dan Beralih ke Usaha Herbal, Produknya Dipromosikan Ke Luar Bali

Saat ini dalam standar yang disusun Mendag, hanya memasukkan tentang pembuatan saluran limbah, sementara di Pasar Sindu sudah ada pengolahan air limbah.

"Biaya jauh dibandingkan dengan hasil. Tidak dibuang, namun diolah dan bisa dimanfaatkan kembali. Nanti akan konsultasi dengan ibu menteri KLH," katanya.

Sementara untuk pedagang musiman atau PKL juga sudah disediakan lokasi sehingga tidak mengganggu.

"Ketiga, walaupun baru sebagian, mereka sudah melakukan penjualan melalui online e-payment, segera akan jadi percontohan pasar rakyat yang masuk baik dari sisi pembayaran e-payment," katanya.

Dengan melakukan penjualan dengan sistem e-payment ini, ia mengatakan akan meningkatkan jumlah penjualan.

Halaman
123
Penulis: Putu Supartika
Editor: Widyartha Suryawan
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved