Penarikan Retribusi Wisatawan Asing ke Nusa Penida Segera Diberlakukan

Rencana Pemkab Klungkung menarik retribusi dari para wisatawan asing akan segera diberlakukan, dan targetnya berlaku bulan Juni 2019

Penarikan Retribusi Wisatawan Asing ke Nusa Penida Segera Diberlakukan
Tribun Bali/Eka Mita Suputra
Wisatawan asing ketika hendak menyeberang ke Nusa Penida di Pelabuhan Tribhuana, Desa Kusamba, Klungkung, belum lama ini. Wisatawan asing kedepannya akan dikenakan retribusi saat tiba di Pelabuhan di Nusa Penida. 

TRIBUN-BALI.COM, SEMARAPURA - Rencana Pemkab Klungkung menarik retribusi dari para wisatawan asing akan segera diberlakukan.

Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta dan Dinas pariwisata telah melakukan pertemuan dengan para pengusaha jasa penyeberangan untuk mensosialisasikan hal ini, Senin (3/6/2019) .

"Hari ini rencananya kami lakukan sosialisasi terakhir dengan para pengusaha boat. Kami upayakan agar bulan Juni ini, penarikan retribusi ke wisatawan asing saat berkunjung ke Nusa Penida ini bisa diterapkan," jelas Kadis Pariwisata Klungkung, I Nengah Sukasta, Senin (3/6/2019).

Pungutan itu dikemas dalam bentuk retribusi tempat rekreasi sesuai isi Perda Kabupaten Klungkung Nomor 5 Tahun 2018 tentang Tempat Rekreasi dan Olah Raga.

Setiap wisatawan asing berusia dewasa akan dikenakan tarif sebagaimana diatur dalam Perda yaitu Rp 25.000 per orang. Sementara, untuk anak-anak sebesar Rp 15.000 per orang.

Retribusi ini nantinya akan dipungut di semua pelabuhan yang tersebar di Nusa Penida.

"Jadi saat pertemuan dengan pengelola boat ini, sudah sosialisasi tahap terakhir. Terkait teknis pungutan juga sudah kami siapkan. Semoga bulan Juni ini sudah bisa diterapkan," jelasnya

Penarikan retribusi ini, diharapkan mampu berkontribusi terhadap PAD Klungkung.

Terlebih selama ini tidak ada pungutan retribusi kepada wisatawan asing ke Nusa Penida, yang memberi sumbangsih untuk kas daerah.

Penarikan retribusi pun harus dilakukan di Pelabuhan, karena sebagian lahan di destinasi wisata di Nusa Penida rata-rata telah dikuasai investor. Sehingga, Pemkab Klungkung tidak bisa menarik retribusi disetiap destinasi.

Halaman
123
Penulis: Eka Mita Suputra
Editor: Widyartha Suryawan
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved