Tanaman Rusak Dijamin Hingga Rp 6 Juta, Petani di Buleleng Masih Kurang Minati Asuransi

Minat para petani di Buleleng untuk mengikuti program Asuransi Usaha Tani Padi (AUTP) dari pemerintah diklaim masih sangat kurang

Tanaman Rusak Dijamin Hingga Rp 6 Juta, Petani di Buleleng Masih Kurang Minati Asuransi
Tribun Bali
Sejumlah anggota Kodim 1609/Buleleng bersama petani menanam padi di Subak Rangdu, Desa Rangdu, Kecamatan Seririt, Buleleng, Senin (7/12/2015). 

Petani Dikalim Kurang Berminat Ikut Program Asuransi

TRIBUN-BALI.COM, SINGARAJA - Minat para petani untuk mengikuti program Asuransi Usaha Tani Padi (AUTP) dari pemerintah diklaim masih sangat kurang.

Hal ini terlihat dari jumlah luas lahan yang terdaftar asuransi baru mencapai 20.4 hektar. Sementara Dinas Pertanian Kabupaten Buleleng tahun ini menargetkan lahan yang tercover asuransi seluas 400 hektar.

Plt Dinas Pertanian Buleleng, I Made Sumiarta dikonfirmasi belum lama ini mengatakan, program AUTP ini sejatinya bertujuan untuk memberikan perlindungan, mana kala bencana alam atau hama penyakit menerjang lahan persawahan para petani.

Dengan adanya asuransi, para petani akan diberikan biaya ganti rugi oleh pemerintah sebesar Rp 6 juta per hektarnya, apabila tanamannya mengalami kerusakan hingga mencapai 75 persen.

Untuk mengikuti asuransi ini, pemerintah imbuh Sumiarta, bahkan telah memberikan subsidi.

Premi yang sejatinya dibayar sebesar Rp 144 ribu per hektar per musim tanam, kini hanya cukup dibayar oleh para petani sebesar Rp 36 ribu per hektar per musim tanam.

"Kami subsidi hingga 80 persen," jelasnya.

Kendati demikian, Sumiarta tidak memungkiri antusias petani untuk mengikuti program AUTP ini masih sangat kurang.

Sehingga ke depan, Sumiarta mengaku akan lebih intes memberikan pemahaman kepada para petani, terkiat program AUTP tersebut, utamanya di subak-subak rawan bencana. 

Halaman
12
Penulis: Ratu Ayu Astri Desiani
Editor: Widyartha Suryawan
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved