Semua Orang Bisa Sukses, Ini Resep ala Jack Ma

Ma merupakan salah satu orang terkaya di China merupakan potret sukses orang yang meniti kesuksesan dari nol.

Semua Orang Bisa Sukses, Ini Resep ala Jack Ma
Jack Ma 

TRIBUN-BALI.COM, NEW YORK- Siapa tidak kenal pendiri dan pimpinan Alibaba Jack Ma? Ma, yang merupakan salah satu orang terkaya di China merupakan potret sukses orang yang meniti kesuksesan dari nol.

Kisah sukses Ma pun menjadi inspirasi bagi banyak orang. Namun demikian, Ma meyakini sebenarnya semua orang bisa meraih kesukesan.

"Saya rasa semua orang bisa sukses jika Anda berusaha keras," kata Ma dalam sebuah konferensi seperti dikutip dari CNBC, Rabu (5/6/2019).

Ma mengaku dapat mengatakan hal demikian lantaran dia merasakannya sendiri. Ma mendirikan Alibaba pada tahun 1999 di apartemennya dengan kondisi tidak mempunyai uang.

Ia juga mendirikan Alibaba dengan tim kecil yang menggunakan status kecilnya tersebut sebagai motivasi.

"Salah satu hal yang kita ingin buktikan adalah, jika Jack Ma dan timnya bisa sukses, maka 80 persen orang di dunia juga bisa sukses," terang Ma.

Ma pun memberikan tiga kunci kesuksesan yang sangat mudah diterapkan tanpa keahlian khusus.

1. Berpikir beda

"Jika orang mengkritik Anda, maka Anda harus berpikir. Saya menghabiskan sebagian besar waktu tentang masa depan, saya menghabiskan sebagian besar waktu mendengarkan keluhan," jelas Ma.

"Karena orang seperti kami, kami tidak punya uang, kami tidak punya teknologi, kami tidak punya hubungan yang kuat, satu-satunya hal di mana kami bisa bersaing adalah bagaimana kami melihat masa depan," ungkap dia.

Halaman
12
Editor: Aloisius H Manggol
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved