8 Tanda Klinis Ini Sering Dialami Seorang Penderita Kanker Yang Akan Meninggal

Para peneliti menemukan delapan tanda fisik yang sangat spesifik, yang dapat diidentifikasi di atas tempat tidur, seperti sebagai berikut :

8 Tanda Klinis Ini Sering Dialami Seorang Penderita Kanker Yang Akan Meninggal
goodfuneralguide.co.uk
Ilustrasi 

TRIBUN-BALI.COM - Baru-baru ini kabar duka datang dari beberapa orang-orang terkemuka di Indonesia.

Pada Mei lalu, ustaz Arifin Ilham meninggal akibat penyakit kanker kelejar getah bening, dan terbaru Ani Yudhoyono juga meninggal karena kanker darah.

Keduanya memiliki kesamaan jenis penyakit yaitu "kanker", penyakit yang ditakuti dan disebut sebagai pembunuh senyap.

Tak sedikit penderita kanker yang berakhir dengan kematian, namun ada pula yang lolos dari maut.

Bagi penderita kanker satdium akhir, biasanya akan menerima diagnosis kematian oleh dokter, pada saat itulah pasien teman serta keluarga akan membuat keputusan penting.

Dokter juga membuat upaya dengan mencoba menghalai laju kematian pasien dengan upaya yang mereka bisa, supaya orang-orang bisa mengunjungi kerabat tersebut.

"Studi ini menunjukkan bahwa pengatan sederhana di samping tempat tidur ternyata bisa membantu mengenali jika seseorang akan meninggal," jelas Dr. David Hui.

"Setelah konfirmasi lebih lanjut tentang tanda-tanda ini, perawat juga dokter akan membantu keluarga mengenali proses kematian, dan pada gilirannya akan memberikan perawatan terbaik untuk pasien di hari-hari terakhirnya," katanya.

Untuk studi lebih lanjut para peneliti kembali mengati perubahan fisik pada pasien kanker yang dirawat di dua ICU, di Anderseon Cancer Center di Houston, TX dan Rumah Sakit Kanker di Barertos Brazil.

Sebayak 357 pasein kanker berpartisipasi dalam penelitian ini, para peneliti mengati mereka dan mendokumentasikan 52 tanda-tanda fisik.

Halaman
12
Editor: Eviera Paramita Sandi
Sumber: Grid.ID
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved