Benarkah Minum Urine Bisa Sembuhkan Berbagai Penyakit?

Terapi urin dengan minum air seni diklaim dapat menyembuhkan berbagai penyakit dan bermanfaat bagi kesehatan.

Benarkah Minum Urine Bisa Sembuhkan Berbagai Penyakit?
Net
Urine 

TRIBUN-BALI.COM - Terapi urin dengan minum air seni diklaim dapat menyembuhkan berbagai penyakit dan bermanfaat bagi kesehatan.

Sempat populer, nyatanya ahli medis tidak membenarkan anggapan tersebut.

Seperti pernyataan dari pihak Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) yang memberikan penjelasan mengenai terapi urin ini, Kamis (4/4/2019).

Meskipun banyak penelitian mengenai urin manusia maupun hewan, dalam konteks pengobatan ini perneliti menemukan adanya bakteri pada urine yang kebal terhadap antibiotik, baik pada manusia ataupun binatang.

Lebih lanjut, mengonsumsi urin unta seperti yang dilakukan di negara Arab, justru berisiko terkena infeksi bakteri Bruscella dan virus MeRS-CoV. 

Penemuan tersebut tidak mengherankan, karena pada semua mahluk hidup terdapat flora normal yang hidup di sekitar gentalia.

Meminum atau mengaplikasikan kebagian tubuh seperti mata, kulit, dan rambut meningkatkan risiko terjadinya infeksi dari flora normal tersebut.

Dari penjelasan tersebut, ahli medis menyimpulkan bahwa menggunakan urin untuk meningkatkan kesehatan justru dapat menimbulkan penyakit.

Sehingga penjelasan  mengenai konsumsi urin adalah tindakan yang aman dan bermanfaat bagi manusia diperlukan uji klinis.

Dimana terapi urin akan dibandingkan dengan pengobatan yang sudah umum digunakan atau placebo.

Dikaji efeknya pada subjek hewan dan selanjutnya diujikan pada manusia.

Dengan menggunakan kaidah dan proses penelitian yang baik dan benar seperti uji klinis tersamar ganda. (Anjar Saputra)

Artikel ini telah tayang di gridhealth.id dengan judul Terapi Urine Berguna Bagi Kesehatan, Begini Penjelasan Ahli Medis

Editor: Eviera Paramita Sandi
Sumber: Grid.ID
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved