Pengaruh Gadget pada Kesehatan, Belum Terbukti Menyebabkan Kanker

Ia disebut terkena kanker darah akibat kecanduan gadget, karena kebiasaannya melihat Youtube yang tersambung otomatis dengan WiFi.

Pengaruh Gadget pada Kesehatan, Belum Terbukti Menyebabkan Kanker
Tribun Bali
Ilustrasi gadget 

TRIBUN-BALI.COM - Kabar mengenai seorang balita berusia 3 tahun yang divonis kanker darah stadium 4 sempat ramai di media sosial beberapa waktu lalu. 

Balita tersebut berinisial Z. 

Ia disebut terkena kanker darah akibat kecanduan gadget, karena kebiasaannya melihat Youtube yang tersambung otomatis dengan WiFi.

Baca: RSUP Dr Sardjito Klarifikasi Info Anak Terkena Kanker Darah Akibat Keseringan Bermain Gadget

Menurut kabar yang beredar, pihak medis rumah sakit tersebut memberi tahu ada banyak faktor yang bisa menyebabkan kanker darah menyerang balita.

Salah satunya terpapar radiasi gadget dan Wi-Fi yang sudah menjadi kebutuhan sehari-hari orang zaman now.

Dikutip dari Nakita.grid.id, tanpa mengurangi simpati pada bocah berinisal Z, tak dapat dipungkiri bila gadget memiliki pengaruh negatif untuk kesehatan tubuh manusia.

Herlina Uinarni, dr. Sp. Rad (K) mengatakan gadget khususnya ponsel bisa memancarkan gelombang elektromagnetik radiasi yang bisa meningkatkan risiko penyakit tumor atau kanker.

Meski begitu, secara tegas Herlina menyampaikan bahwa hingga sampai saat ini belum ada bukti yang menyatakan secara pasti radiasi dari ponsel dapat menyebabkan penyakit mematikan tersebut.

"Gelombang elektromagnetik yang dipancarkan ponsel adalah sejenis gelombang microwave yang termasuk dalam jenis radiasi non-ionisasi dan levelnya tergolong rendah.

Dari puluhan kajian ilmiah yang telah dilakukan sampai sekarang ini belum terdapat bukti ilmiah yang kuat dan skala cakupan secara komprehensif berakibat serupa dengan efek pancaran radiasi gelombang elektromagnetik jenis ionisasi yang telah dinyatakan positif sebagai salah satu penyebab tumor otak atau kerusakan DNA pada sel jaringan tubuh manusia," jelas Herlina saat ditemui di Universitas Atma Jaya, Pluit Raya, Jakarta Utara, Jumat (8/7).

Halaman
1234
Editor: Irma Budiarti
Sumber: Nakita
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved