Cerita Gubernur Koster Hingga Gratiskan Stan PKB 2019

Dalam perhelatan Pesta Kesenian Bali (PKB) tahun 2019 ini, Gubernur Bali Wayan Koster kini menggratiskan penyewaan stan untuk para Industri Kecil Men

Cerita Gubernur Koster Hingga Gratiskan Stan PKB 2019
Humas Pemprov Bali
Gubernur Bali, Wayan Koster 

Laporan Jurnalis Tribun Bali, I Wayan Sui Suadnyana

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Dalam perhelatan Pesta Kesenian Bali (PKB) tahun 2019 ini, Gubernur Bali Wayan Koster kini menggratiskan penyewaan stan untuk para Industri Kecil Menengah (IKM).

Digratiskannya stand PKB ini melalui regulasi berupa Peraturan Gubernur (Pergub) Bali Nomor 4 tahun 2019 tentang Perubahan Atas Pergub Nomor 32 tahun 2018 tentang peraturan pelaksanaan Perda Nomor 3 tahun 2011 tentang retribusi jasa usaha sebagaimana telah diubah beberapa kali terakhir dengan Perda Nomor 3 tahun 2018 tentang perubahan kedua atas Perda Nomor 3 tahun 2011 tentang retribusi jasa usaha.

Dalam Pergub Nomor 4 tahun 2019 yang baru saja dirampungkan itu, pada pasal 11 ayat 3a menyebutkan pembebasan retribusi kepada wajib retribusi dalam hal pemakaian tanah dan bangunan untuk stan pameran produk budaya masyarakat Bali dalam pelaksanaan PKB.

Saat acara pengundian IKM di Gedung Ksiarnawa Taman Budaya (Art Center) Denpasar, Minggu (9/6/2019) Gubernur Koster menceritakan kisahnya mengapa ia ingin menggratiskan stan PKB.

Ia mengaku, dahulu ketika masih menjadi anggota DPRD RI sering menyempatkan diri untuk berkunjung ke PKB untuk melihat acara termasuk pamerannya.

Dalam kesempatan mengunjungi pameran itu, sembari berbelanja beli baju termasuk genta untuk diberikan ke pemangku, ia menyempatkan diri untuk ngobrol bersama dari peserta stan PKB.

Dituturkan olehnya, ia sempat mengobrol dengan pedagang yang mempunyai tempat kecil yang ukurannya sekitar 1 sampai 1,5 meter dan mengaku menyewa tempat sekitar Rp 6 juta.

"Ada yang gedean sewanya Rp 10 juta ya, ada yang paling besar sewanya Rp 12 juta. Kalau yang di sisi di pinggir tembok itu Rp 5 juta kalau tidak salah," tuturnya.

Lantas suatu saat mengunjungi stan itu ada staf dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Bali.

Halaman
123
Penulis: I Wayan Sui Suadnyana
Editor: Ida Ayu Made Sadnyari
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved