Gidy Rusia Bali Rayakan Hari Ulang Tahun Dengan Membersihkan Sampah di Pantai Saba

Walaupun Divisi Rusia sudah ada di HPI Bali jauh sebelumnya, kata Suweca, namun divisi ini resmi terbentuk sejak dua tahun lalu.

Gidy Rusia Bali Rayakan Hari Ulang Tahun Dengan Membersihkan Sampah di Pantai Saba
Tribun Bali / Kander Turnip
Anggota Divisi Rusia HPI Bali bekerjasama dengan Trash Hero Indonesia Bali menggelar acara bakti sosial membersihkan sampah di Pantai Saba, Gianyar, Bali, Selasa (11/6/2019) pagi. 

TRIBUN-BALI.COM, GIANYAR - Puluhan anggota Divisi Rusia DPD Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) Bali bekerjasama dengan Trash Hero Indonesia Bali menggelar bakti sosial dengan membersihkan sampah yang berserakan di Pantai Saba, Gianyar, Bali, Selasa (11/6/2019) pagi.

Ketua Divisi Rusia DPD HPI Bali, Wayan Suweca mengatakan, acara ini digelar dalam rangka memperingati HUT ke-2 Divisi Rusia HPI Bali yang dirayakan setiap tanggal 11 Juni.

Walaupun Divisi Rusia sudah ada di HPI Bali jauh sebelumnya, kata Suweca, namun divisi ini resmi terbentuk sejak dua tahun lalu.

"Kita melakukan bakti sosial membersihkan sampah di Pantai Saba karena sebagai wujud kecintaan kita sebagai orang pariwisata yang ingin menunjukkan bahwa Pulau Bali ini bersih dan layak dikunjungi. Kita memilih pantai karena memang tamu berbahasa Rusia umumnya sangat senang mengunjungi pantai, terutama yang berpasir hitam, seperti Saba," ujar Yanick, panggilan akrabnya.

Yanick menyebutkan, pihaknya memilih Pantai Saba karena ingin agar pantai ini semakin dikenal.

Apalagi di pantai ini ada atraksi naik kuda menyusuri bibir pantai yang sangat disukai wisatawan mancanegara, termasuk diantaranya tamu dari Rusia dan Eropa timur pada umumnya.

Ketua Trash Hero Indonesia Bali, Wayan Aksara mengaku senang bisa bekerjasama dengan Divisi Rusia HPI Bali dan Trash Hero Pantai Saba untuk membersihkan Pantai Saba dari sampah, utamanya sampah plastik.

"Kita akan terus bekerjasama, juga akan mengajak divisi-divisi lainnya di HPI. Dan September 2019 nanti kita ada event internasional World Clean Up Day untuk membersihkan sampah secara serempak. Sebagai gambaran, pada acara World Clean Up Day tahun lalu, Bali terhitung sebagai daerah dengan jumlah peserta paling banyak. Kita patut berbangga dengan ini. Dan kita harus terus bersama-sama bergandengan tangan membersihkan sampah," ujar Wayan Aksara.

Selain melakukan pembersihan pantai, ulang tahun anggota HPI Divisi Rusia yang akrab dikenal dengan Gidy Rusia juga digelar perayaan ulang tahun di Barong Jalan Waribang, Kesiman, Denpasar, siang harinya. (*)

Penulis: Kander Turnip
Editor: Eviera Paramita Sandi
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved