SIAP-SIAP! Politeknik EBT Akan Dibangun di Bali, Tiga Lokasi Ini Jadi Pilihan

Pemerintah Pusat, melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) RI, berencana membangun Politeknik di bidang energi bersih di Bali.

SIAP-SIAP! Politeknik EBT Akan Dibangun di Bali, Tiga Lokasi Ini Jadi Pilihan
TRIBUN BALI/WEMA SATYADINATA
Kepala Seksi Teknik Energi dan Ketenagalistrikan Disnaker ESDM Provinsi Bali, Ida Bagus Setiawan

SIAP-SIAP! Politeknik EBT Akan Dibangun di Bali, Tiga Lokasi Ini Jadi Pilihan

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Bersamaan dengan disusunnya Rancangan Peraturan Gubernur (Ranpergub) tentang energi bersih di Bali, rupanya Pemerintah Pusat, melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) RI, berencana membangun Politeknik di bidang energi bersih di Bali.

Kepala Seksi Teknik Energi dan Ketenagalistrikan Disnaker ESDM Provinsi Bali, Ida Bagus Setiawan menyampaikan, disusunnya Ranpergub, juga berbarengan dengan pembangunan Politeknik atau Clean Energy center of Excellence (Pusat keunggulan energi bersih red), yang mana bertujuan untuk menyiapkan tenaga kerja yang unggul di bidang energi bersih.

Lebih lanjut dikatakannya, untuk anggaran pembangunannya bersumber dari Kementerian ESDM.

Selanjutnya saat ini sedang dilakukan site visit oleh tim dari Kementerian untuk menentukan lokasi yang tepat, yang akan digunakan untuk membangun Politeknik tersebut.

Baca: Panen Buah Naga Semiorganik, Petani Banyuwangi Untung Ratusan Juta

Baca: Ketut Supandra Emosi Tagihan PBB Naik Drastis: Ini Kenaikannya Sangat Gila

Baca: VIDEO SEDANG BERLANGSUNG Live Streaming Laga Uji Coba Timnas Indonesia vs Yordania

Setiawan mengungkapkan terdapat tiga lokasi alternatif yang dipilih oleh Kementerian untuk pembangunan Politeknik antara lain Kabupaten Jembrana, Bangli dan Karangasem.

“Saat ini tim dari Pusat sebelum cuti bersama kemarin sudah ke lapangan di dua Kabupaten, dalam waktu dekat ke satu Kabupaten lagi. Setelah itu baru dikaji lagi, dari tiga lokasi itu mana yang lebih tepat untuk dibangun Politeknik,” kata Setiawan usai mengikuti konsultasi publik tentang Ranpergub Energi Bersih, di Gedung Wiswa Sabha Utama Kantor Gubernur Bali, Selasa (11/6/2019).

Adapun jurusan yang akan dibuka di Politeknik tersebut adalah khusus jurusan Energi Baru Terbarukan (EBT). Sebelumnya, kata dia, di Indonesia terdapat Politeknik milik Kementerian ESDM yakni Politeknik gas berada di Palembang, Politeknik Mineral dan Batubara (Minerba) di Bandung, dan rencananya Politeknik Energi Baru Terbarukan akan dibangun di Bali.

Sambungnya, secara struktur Politeknik itu berada di bawah Kementerian ESDM, namun masih ada MoU maupun kerjasama dengan Pemerintah Provinsi dan Kabupaten. Setiawan menyebut untuk prosesnya tahun 2019 ini sedang dilakukan Feasibility Study (FS) nya sehingga tahun depan dari kajian FS ini sudah bisa disusun Detail Engineering Design (DED) nya.

Pihaknya berharap nantinya di Politeknik EBT tidak saja hanya mendidik orang Bali, namun juga mendidik tenaga kerja dari luar Provinsi Bali.

Halaman
12
Penulis: Wema Satya Dinata
Editor: Rizki Laelani
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved