185 Peserta IFC 2019 Perebutkan Hadiah Rp 1 Miliar, Pemenang Diumumkan Akhir Bulan Ini

Tercatat 185 peserta lolos seleksi pendaftaran sebagai peserta IFC 2019 dan akan dipilih satu pemenang serta 10 finalis

185 Peserta IFC 2019 Perebutkan Hadiah Rp 1 Miliar, Pemenang Diumumkan Akhir Bulan Ini
Tribun Bali/Zaenal Nur Arifin
Press Conference International Flower Competition by Hanging Gardens of Bali perwakilan penyelenggara menjelaskan peserta dan hadiah kepada media, Rabu (12/6/2019). 185 Peserta IFC 2019 Perebutkan Hadiah Rp 1 Miliar, Pemenang Diumumkan Akhir Bulan Ini 

185 Peserta IFC 2019 Perebutkan Hadiah Rp 1 Miliar, Pemenang Diumumkan Akhir Bulan Ini

Laporan Wartawan Tribun Bali, Zaenal Nur Arifin

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Pendaftaran International Flower Competition (IFC) yang digagas dan digelar oleh Hanging Garden of Bali resmi ditutup akhir bulan Maret 2019 lalu.

Tercatat 185 peserta lolos seleksi pendaftaran sebagai peserta IFC 2019 dan akan dipilih satu pemenang serta 10 finalis.

Pemenang utama akan mendapatkan uang tunai Rp 1 miliar dan sertifikat, sementara 10 finalis akan mendapatkan bingkisan dan sertifikat.

“IFC merupakan kompetisi bagaimana mempercantik Bali dan juga dunia dengan membuat taman di halaman rumah yang dihiasi bunga-bunga. Pendaftaran telah dibuka dari tahun lalu dan kompetisi ini gratis dapat diikuti oleh masyarakat umum. Kebun yang dinilai paling cantik oleh para panelis akan memenangkan uang tunai senilai Rp 1 miliar,” ungkap salah satu Owners Hanging Gardens of Bali, Nir Peretz, Rabu (12/6/2019).

Baca: TRIBUN WIKI - Alamat Toko Buku Togamas yang Ada di Kota Denpasar dan Singaraja

Baca: TRIBUN WIKI - Menikmati Lezatnya Gelato di 5 Restoran dan Kedai di Denpasar Ini

Nir Peretz menyampaikan, gagasan diadakannya kompetisi ini berawal dari keprihatinannya terhadap tingginya sampah plastik di Bali yang sudah mengkhawatirkan jika tidak dibatasi penggunaan plastik di masyarakat.

Bagaimana cara untuk menghijaukan, mempercantik serta memperindah Pulau Dewata di masyarakat dari hal kecil, yaitu menanam bunga hingga menjadikannya sebuah taman bunga kecil nan asri.

Lalu muncullah ide membuat kompetisi IFC yang digadang-gadang merupakan kompetisi menanam bunga pertama di Indonesia, bahkan di dunia sehingga diambil nama International Flower Competition.

“Tujuan kita adalah ingin mempercantik lingkungan di seluruh Bali. Dan kita ingin mendapatkan inisiatif dari individual sendiri. Juga membantu eksistansi serta kelestarian lebah madu di Bali,” imbuh Owners Hangings Garden of Bali, Ade Chaerani Nursafitri.

Baca: Helen Tak Keberatan Dihukum 3 Tahun, Korban Dijanjikan jadi Anggota Polisi dengan Setor Rp 639 Juta

Baca: Antisipasi Hal Berbahaya Masuk Bali, Brimob Polda Terus Pantau Arus Balik di Pelabuhan Gilimanuk

Panelis atau juri yang menilai taman bunga peserta ditentukan dari Hanging Garden of Bali, dipilih salah satunya yakni seniman I Nyoman Nuarta, dan juga selebgram komedian sekaligus fotografer Puja Astawa.

Nursafitri berharap setelah kompetisi ini sukses digelar, pada gelaran selanjutnya lebih banyak peserta yang ikut, bahkan penyelenggaraannya dapat diadakan nasional atau internasional di negara lain.

Ke-185 peserta itu tersebar di seluruh Bali yang didominasi peserta dari Kabupaten Gianyar.

Awarding atau pengumuman 10 finalis serta pemenang utama akan dilakukan pada 29 Juni 2019 mendatang di Lapangan Niti Mandala Renon Denpasar.(*)

Penulis: Zaenal Nur Arifin
Editor: Irma Budiarti
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved