Kartika Cup 2019 Diundur, Pengprov PJSI Bali Kesulitan Siapkan Pemain

Kejuaraan Judo bertajuk Kartika Cup 2019 yang rencananya akan digelar pada tanggal 21-23 Juni 2019 di Yogyakarta diundur menjadi tanggal 26-28 Juli

Kartika Cup 2019 Diundur, Pengprov PJSI Bali Kesulitan Siapkan Pemain
Tribun Bali/Putu Dewi Adi Damayanthi
Wakil Ketua Umum Pengprov PJSI Bal, Nengah Sudiartha saat ditemui Tribun Bali di Jalan Raya Puputan, Denpasar, Bali, Selasa (11/6/2019). Kartika Cup 2019 Diundur, Pengprov PJSI Bali Kesulitan Siapkan Pemain 

Kartika Cup 2019 Diundur, Pengprov PJSI Bali Kesulitan Siapkan Pemain

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Kejuaraan Judo bertajuk Kartika Cup 2019 yang rencananya akan digelar pada tanggal 21-23 Juni 2019 di Yogyakarta diundur menjadi tanggal 26-28 Juli 2019.

Hal tersebut disampaikan oleh Wakil Ketua Umum Pengprov PJSI Bali, Nengah Sudiartha.

Pengunduran jadwal tersebut membuat Pengprov PJSI Bali sedikit mengalami kesulitan dalam mempersiapkan atlet.

“Ada satu pertandingan lagi yaitu Kartika Cup, yang masuk dalam seri utama. Seri utama ini adalah seri yang tertinggi untuk pengumpulan poin di cabang olahraga judo (untuk PON 2020). Di kalender kegiatan PB PJSI itu bulan April akan diselenggarakan tapi ada surat dari PB kepada Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) itu menjadi tanggal 21-23 Juni, namun sampai sekarang belum ada suratnya. Kami konfirmasi ke PB PJSI ternyata PB memundurkan lagi tanggalnya menjadi 26-28 Juli di DIY. Kejuaraan itu berdekatan sekali dengan Porprov Bali, dan ini sangat menyulitkan kita untuk menarik atlet-atlet yang ada di kabupaten/kota, karena mereka kan punya program sendiri sehingga disitulah kesulitan kita, apa diberikan oleh pengkab/pengkotnya (untuk ikut), tapi kita sudah melakukan pendekatan pada pengkab/pengkot,” ucapnya saat ditemui di Jalan Raya Puputan, Denpasar, Bali, Selasa (11/6/2019).

Baca: Ini Persiapan Tim Basket Putra Bali Menghadapi Pra PON 2019

Baca: Polytron Belleza, Kulkas Awet dengan Design Elegan Pilihan Keluarga Indonesia

Walau memiliki kendala seperti itu, Bali tetap berencana mengirim atlet untuk mengikuti Kartika Cup 2019.  

“Kirim, kita akan kirim. Kita akan mengirim full team kalau ada dananya, kalau gak ada dana ya turunin. Kita mengajukan (anggaran) ke KONI-nya full, kalau dikasih sedikit kita akan pinjam bus di DPR atau dimana,” lanjutnya.

Sudiartha bercerita, selama pengumpulan poin untuk PON 2020 ini, ada beberapa atlet judo Bali yang belum memiliki posisi aman agar bisa lolos ke PON 2020, seperti atlet yang menghuni kelas 55 kg putra maupun 70 kg putri.

Baca: Polytron Raih Penghargaan The Best Digital Customer Service 2019 dari SWA

Baca: Penerbangan Internasional dari Bandara Ngurah Rai April 2019 Turun Dibandingkan April 2018

“Atlet kita ada yang memiliki posisi yang belum baik, contohnya kelas 55 kg putra, 60 kg putra, yang lainnya aman seperti kelas 66 kg, 73 kg, 81 kg, 90 kg,100 kg dan diatas 100 kg, gak ikut pun masih posisinya aman. Sedangkan di putri kita sedikit, seperti kelas 45 kg masih susah, 48 kg masih sedikit, 52 kg lumayan tapi harus ikut, 57 kg sudah sangat aman, 63 kg masih dibawah dan  70 kg mengundurkan diri karena sedang sekolah di Jepang atas nama Sakura, jadi dia tidak memungkinkan untuk bergabung, sehingga kelas 70 kg sampai saat ini kosong, tapi kita berharap atlet yang ada di Jepang itu nanti bisa ikut turun di Kejuaraan (Kartika Cup 2019),” ucapnya.

Disisi lain ada juga beberapa atlet judo Bali yang sudah memiliki posisi aman.

Ia berkata sudah cukup banyak atlet judo yang lolos ke PON 2020 tapi ada beberapa kelas yang akan diseleksi lagi.

“Sebenarnya kita banyak yang lolos, hanya saja sekarang ketentuan baru yaitu satu kelas satu orang, dikelas 73 kg ada dua yang lolos, kelas 81 kg ada dua yang lolos, kelas diatas 100 kg juga ada dua yang lolos, sehingga nanti ya mereka seleksi yang mana yang akan saya berangkatkan,” ucapnya.(*)

Penulis: Putu Dewi Adi Damayanthi
Editor: Irma Budiarti
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved