Menikmati Perbukitan Berpadu Biru Langit dan Samudra di Bukit Teletubies Nusa Penida

Bukit Teletubies, demikian wisatawan menamainya. Hamparan perbukitan itu berbentuk setengah lingkaran teratur, membentang indah berpadukan biru langit

Menikmati Perbukitan Berpadu Biru Langit dan Samudra di Bukit Teletubies Nusa Penida
Tribun Bali/Eka Mita Suputra
Sejak tahun 2016 lalu, Bukit Teletubies di wilayah Banjar Anta, Desa Tanglad, Nusa Penida, semakin terkenal dari mulut ke mulut hingga setiap hari dikunjungi wisatawan. 

TRIBUN-BALI.COM, SEMARAPURA - Bukit Teletubies, demikian wisatawan menamainya. Hamparan perbukitan itu berbentuk setengah lingkaran teratur, membentang indah berpadukan biru langit.

Sepintas bukit tersebut memang mirib hamparan bukit di serial televisi Boneka Teletubbies yang sempat populer di awal tahun 2000an.

Bukit Teletubbies secara administratif berada di wilayah Banjar Anta, Desa Tanglad, Nusa Penida, Klungkung. Warga lokal mulanya menamai hamparan perbukitan itu dengan nama Bukit Nyingying.

Sebelum dikenal khalayak ramai, bukit tersebut banyak ditanami tumbuhan  gamal  (Gliricidia sepium) dan manjadi lokasi petani setempat mencari pakan ternak mereka.

Namun, sejak tahun 2016 lalu lokasi ini semakin terkenal dari mulut ke mulut hingga setiap hari dikunjungi wisatawan.

“Bukit Teletubies dinamai oleh wisatawan di sini. Nama yang unik tersebut ternyata populer dari mulut kemulut. Setiap hari selalu ada wisatawan lokal maupun asing yang berkunjung ke bukit ini,” ujar warga sekitar, I Ketut Ridep, belum lama ini.

Dengan perkembangan media sosial, destinasi di Banjar Anta ini menjadi kian populer. Setiap hari destinasi ini selalu dikunjungi wisatawan. Mereka mengabadikan foto di salah-satu destinasi wisata di Nusa Penida tersebut.

Bukit ini berjarak kira-kira 25 kilometer dari pelabuhan di Nusa Penida, dan dapat ditempuh menggunakan kendaraan bermotor yang banyak disewakan di sekitar pelabuhan dengan biaya bervariatif antara Rp 50 ribu sampai Rp 60 ribu per harinya.

Untuk mencapai Bukit Teletubbies, pengunjung  harus menyusuri  jalan di bagian timur Pulau Nusa Penida.

Akses jalan menuju Banjar Anta relatif mudah karena sudah diaspal dengan kualitas cukup baik.

Halaman
123
Penulis: Eka Mita Suputra
Editor: Widyartha Suryawan
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved