Runway Bandara Ngurah Rai Dikalibrasi BBKFP, Begini Penjelasan AirNav Indonesia Cabang Denpasar

Juga kegiatan Rubber deposit untuk runway selama kalibrasi ditiadakan, dan rencana kegiatan kalibrasi dimulai Rabu dinihari mulai pukul 24:00 WITA.

Runway Bandara Ngurah Rai Dikalibrasi BBKFP, Begini Penjelasan AirNav Indonesia Cabang Denpasar
Dok AirNav Indonesia Cabang Denpasar
Runway Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai Rabu (13/6/2019) dinihari kemarin dilakukan kalibrasi 

Laporan Wartawan Tribun Bali, Zaenal Nur Arifin

TRIBUN-BALI.COM, MANGUPURA - Runway Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai Rabu dinihari kemarin dilakukan kalibrasi, dan rapat persiapan Flight Calibration ILS (Rwy 27) dan PAPI (Rwy 27 dan 09) digelar sebelum kegiatan kalibrasi.

Kepala Otoritas Bandara Wilayah IV Bali, Elfi Amir mengatakan dalam rapat persiapan tersebut membahas perihal Notam pelaksanaan Kalibrasi dan Notam permanen di Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai.

Juga kegiatan Rubber deposit untuk runway selama kalibrasi ditiadakan, kegiatan kalibrasi dimulai Rabu dinihari mulai pukul 24:00 WITA.

Dikonfirmasi terpisah tribun-bali.com, General Manager AirNav Indonesia Cabang Denpasar, Rosedi menyampaikan kegiatan kalibrasi diadakan dalam rangka menjamin pelayanan navigasi penerbangan yang aman, lancar dan senantiasa memenuhi ekspektasi para pengguna jasa penerbangan.

“AirNav Indonesia Cabang Denpasar senantiasa melaksanakan pemeliharaan, dan menjamin kehandalan dan keakuratan fasilitas navigasi penerbangan,” ungkap Rosedi, Kamis (13/6/2019).

Ia menambahkan beberapa fasilitas navigasi penerbangan yang secara periodik  harus dilaksanakan proses kalibrasi adalah ILS (Instrument Landing System), glide path, marker beacon, dan PAPI (Precision Approach Path Indicator).

Instrument Landing System (ILS) merupakan sistem pemandu pendaratan pesawat udara menggunakan instrument elektronika.

Sistem ini membantu pesawat udara untuk mendarat tepat pada centre line (garis tengah) runway dan dengan sudut pendaratan yang tepat.

PAPI sendiri berfungsi memberikan bantuan visual kepada pilot dalam hal penyedian informasi panduan saat melakukan pendaratan di bandara.

Proses Kalibrasi dilaksanakan oleh Balai Besar Kalibrasi Fasilitas Penerbangan (BBKFP) Kementerian Perhubungan dengan menggunakan pesawat Beechcraft King Air bekerjasama dan berkoordinasi dengan Teknisi dan Air Traffic Controller AirNav Indonesia Cabang Denpasar untuk sisi teknis dan operasionalnya.

“Kegiatan kalibrasi dilaksanakan pada tanggal 12 Juni 2019, dimulai pada pukul 00.00 WITA selama kurang lebih 4,5 jam,” imbuhnya.

Pelaksanaan kalibrasi ini tidak akan mengganggu pelayanan navigasi penerbangan yang sedang dilaksanakan pada tanggal tersebut karena termasuk kegiatan rutin terjadwal untuk menjamin fasilitas navigasi penerbangan berfungsi dengan baik dan optimal.

Sudah diterbitkan NOTAM (Notice to Airmen) yang berisi informasi mengenai penetapan, kondisi atau perubahan di setiap fasilitas aeronautika, dan informasi kegiatan untuk kurun waktu tertentu, dalam hal ini adalah informasi terkait kegiatan kalibrasi.(*)

Penulis: Zaenal Nur Arifin
Editor: Ida Ayu Made Sadnyari
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved