Jokowi : Kalau ke Bali belum ke Sukawati itu belum ke Bali

Hari pertama kunjungan kerja Presiden H. Ir. Joko Widodo ke Provinsi Bali mengunjungi proyek renovasi Pasar Sukawati Gianyar,

Jokowi : Kalau ke Bali belum ke Sukawati itu belum ke Bali
Tribun Bali/I Nyoman Mahayasa
Kunjungan Presiden RI Jokowi ke pasar Sukawati, Gianyar, Bali, Jumat (14/6/2019) 

TRIBUN-BALI.COM, GIANYAR - Hari pertama kunjungan kerja Presiden H. Ir. Joko Widodo ke Provinsi Bali mengunjungi proyek renovasi Pasar Sukawati Gianyar, ratusan warga telah menunggu kedatangan beliau di sekitar lokasi Pasar.

Begitu Presiden Jokowi tiba di sambut Bupati Gianyar, I Made Mahayastra dan jajaran. Serta langsung menuju lahan bangunan yang saat ini akan direnovasi.

Mahayastra memberikan penyampaian rencana proyek renovasi Pasar Sukawati tersebut kepada Presiden Jokowi yang didampingi Gubernur Bali Wayan Koster.

 
“Yang penting pasar Sukawati ini di relokasi sementara selama proses pembangunan ulang. Tendernya rampung akhir bulan ini dan langsung dikerjakan di lapangan. Ini menggunakan APBN Rp 89 miliar, dari APBD Rp 3,9 miliar,” ungkap mantan Walikota Solo ini, Jumat (14/6/2019).

Ia pun berharap proyek akan selesai tahun ini dan akan menjadi pasar yang bersih, tertata sehingga pengunjung nyaman berkunjung ke pasar yang 30 tahun lebih berdiri.

Baca: Disinggung Soal Lokasi Rekonsiliasi dengan Prabowo, Jokowi: Dengan Naik Kuda Bisa

“Kalau ke Bali belum ke Sukawati itu belum ke Bali. Nanti ya saya belanja habis ini,” ujar Presiden Jokowi.

 
Di mana Pasar Sukawati ini menghidupi 1700 pedagang, menurutnya hal itu luar biasa dan beliau menyampaikan sudah sering ke Pasar Sukawati.

Dan pasar ini jadi pasar rakyat yang modern, tertata, manajemen baik, parkir di basement dapat menampung 156 mobil karena sebelumnya susah mencari parkir.

 
Program Pasar secara Nasional menurutnya masih sama seperti yang dicanangkan olehnya 5 tahun lalu, dan sudah 5.000 lebih pasar besar telah dibangun sementara pasar kecil sudah 8.400 pasar dibangun ulang.

 
“Kedepan masih sama programnya. Pasar tradisional tempat bertemunya penjual dan pembeli dengan produk-produk dari petani, nelayan, pengrajin. Pasar-pasar di Indonesia harus hidup,” tutur Presiden Jokowi.

 
Presiden Jokowi bersama Ibu Iriana Jokowi pun menghampiri pedagang pasar dan membeli sejumlah buah-buahan lokal.

 
Seperti salak bali, semangka, jeruk dan buah-buahan lainnya yang langsung dipilah-pilah oleh Ibu Iriana Jokowi.

Pedagang dan warga pun berebut ingin berswafoto dengan orang nomor satu di Indonesia tersebut.

 
Tak hanya beliau, para pedagang dan warga pun juga meminta berswafoto dengan Ibu Iriana Jokowi.

 
Rombongan pun melanjutkan perjalanan ke Bangli untuk menghadiri agenda kedua kunjungan kerja Presiden Jokowi di Provinsi Bali.(*)

Penulis: Zaenal Nur Arifin
Editor: Ady Sucipto
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved