Sponsored Content

Kesehatannya Terjamin JKN-KIS, Win Sekeluarga Dapat Lebih Fokus Berdagang

Pak win bersama 5 anggota keluarganya menjadi peserta JKN-KIS kelas 3 dengan iuran perbulannya Rp 153 ribu

Kesehatannya Terjamin JKN-KIS, Win Sekeluarga Dapat Lebih Fokus Berdagang
istimewa
I Ketut Berata 

TRIBUN-BALI.COM, SEMARAPURA - Siapa yang tidak kenal dengan warung Pak Win Klungkung?

Bukan hanya warga Klungkung, warga daerah lain yang bekerja di Klungkung pun pasti akrab dengan enaknya masakan warung milik bapak 4 anak yang bernama lengkap I Ketut Berata (55) ini.

Harganya yang murah meriah ternyata tidak sebanding dengan rasanya yang enak dan tidak kalah dengan masakan yang berharga mahal.

Pak Win panggilannya menyamakan hal tersebut dengan program Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS).

Menurutnya Iuran JKN-KIS yang sedikit tidak sebanding dengan manfaatnya yang luar biasa lengkap.

Pak win bersama 5 anggota keluarganya menjadi peserta JKN-KIS kelas 3 dengan iuran perbulannya Rp 153 ribu, Selama menjadi peserta JKN-KIS, ia sekeluarga belum pernah menggunakan JKN-KIS ini.

Namun justru ia bahagia karena tidak mungkin ada orang ingin sakit.

Meskipun demikian ia menganggap kartu JKN-KIS ini tetap sangat penting untuk dimiliki karena memberikan rasa nyaman baginya untuk berdagang karena resiko sakit telah terobati dengan memiliki kartu ini.

“Kalau saya menggunakan kartu ini berarti kan saya sakit, syukur saya sehat, biarkan iuran yang saya bayar dipergunakan oleh saudara lain yang lebih membutuhkan, tapi saya tidak melewatkan pembayaran iuran ini perbulan karena dengan adanya kartu JKN-KIS di dompet saya membuat kami sekeluarga tenang bekerja dan tidak khawatir dengan kesehatan kami,” ungkap Pak Win saat ditemui di warungnya di Banjar Bendul, Klungkung.

Pak Win pun senang dapat ikut bergotong-royong di bidang kesehatan melalui JKN-KIS ini.

Ia meyakini begitu banyak orang yang sembuh di fasilitas kesehatan baik puskesmas, dokter, klinik hingga rumah sakit menggunakan jaminan JKN-KIS, banyaknya orang tersebut dapat berobat tidak terlepas dari banyaknya masyarakat yang sadar untuk ikut program JKN-KIS dan rajin membayar iuran sebagai salah satu kewajibannya.

“Saya sangat percaya bahwa ini menjadi sebuah pahala, iuran yang kami bayarkan dan tidak kami gunakan justru menjadi berarti bagi orang lain, di sana kami bisa membantu, dan bantuan kami akan menjadi pahala tentunya, hal itulah yang membuat kami sangat antusias ikut program JKN-KIS ini di samping untuk menjaga keluarga kami,” ceritanya.

Ia sangat berharap seluruh masyarakat dapat sadar dan mengerti tentang kehadiran program JKN-KIS ini.

Apalagi untuk mendukung program ini tidaklah sulit dan memang menjadi kewajiban bersama, sebagai masyarakat cukup ikut serta sebagai peserta JKN-KIS dan rutin membayar iuran seperti dirinya sudah sangat cukup menjadikan masyarakat sebagai warga yang baik dan cinta terhadap tanah air, khususnya bagi yang telah memiliki usaha sendiri menurutnya sangat wajib untuk ikut program ini agar tenang dan nyaman dalam bekerja serta usahanya lancar dan laris manis seperti warung pak Win. (*)

Editor: Alfonsius Alfianus Nggubhu
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved