Peringati Hari Laut Sedunia, Penggunaan dan Pengolahan Sampah Plastik Jadi Sorotan

Konferensi dan debat dengan topik pembahasan pertanggungjawaban perusahaan terhadap penggunaan dan pengolahan kembali sampah plastik.

Peringati Hari Laut Sedunia, Penggunaan dan Pengolahan Sampah Plastik Jadi Sorotan
Tribun Bali/Noviana Windri
Konferensi dan debat dalam rangka memperingati Hari Laut Sedunia di Zero Waste to Ocean Education Center, Jalan Bongantik, Benoa, Badung, Bali, Jumat (14/6/2019) sore. 

Laporan Wartawan Tribun Bali, Noviana Windri Rahmawati

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Role Foundation dan Bali Swim menggelar konferensi dan debat dalam rangka memperingati Hari Laut Sedunia di Zero Waste to Ocean Education Center, Jalan Bongantik, Benoa, Badung, Bali, Jumat (14/6/2019).

Konferensi dan debat dengan topik pembahasan pertanggungjawaban perusahaan terhadap penggunaan dan pengolahan kembali sampah plastik.

Selain itu, konferensi dan debat diadakan untuk mengomunikasikan penanganan dan pengolahan sampah plastik kepada pemerintah serta peraturan penggunaan plastik kepada para produsen terutama produsen makanan.

Founder & CEO Role Foundation, Mike O'Leary menyampaikan bahwa penanganan dan pengolahan sampah plastik di Indonesia belum jelas.

"Kami menghadirkan orang-orang yang memiliki kompetensi di bidangnya untuk membicarakan penanganan dan pengolahan sampah plastik untuk dapat memberikan jalan keluar bagi manajemen sampah plastik,"

"Kami berharap melalui konferensi ini kita semua di sini dapat menyampaikan wacana yang sama tentang manajemen sampah plastik di institusi asal kita masing-masing," ucapnya.

Ahli Biologi Kelautan Universitas Udayana, I Gede Hendrawan dalam konferensi mengatakan bahwa Pantai Kuta sejak tahun 2014 menjadi sorotan ketika datang musim sampah pada bulan-bulan tertentu.

Namun, sampah di Pantai Kuta selalu dikatakan adalah sampah kiriman dari Jawa dan pulau lainnya.

"Kita menyurvei 9 sungai di bagian Tabanan dan Jembrana. Tidak ada satu pun sungai yang kita kategorikan bebas dari sampah. Ketika hujan, jumlah sampah luar biasa yang dialirkan ke laut,"

Halaman
12
Penulis: Noviana Windri
Editor: Ida Ayu Made Sadnyari
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved