Sistem Manajemen Air di Korea Ini Rencananya akan Diterapkan di Denpasar

Program ini diharapkan bisa diterapkan di Kota Denpasar seperti laiknya di Korea, dimana tujuan dari program ini adalah dapat memberikan pelayanan

Sistem Manajemen Air di Korea Ini Rencananya akan Diterapkan di Denpasar
Tribun Bali/Rizal Fanany
Pemandangan Taman Kumbasari di kawasan Tukad Badung di jalan Gajahmada, Denpasar, beberapa waktu lalu. Denpasar merevitalisasi sejumlah tukad untuk mengembalikan fungsinya sekaligus menjadikannya destinasi rekreasi alternatif bagi warga kota. 

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Sebentar lagi sistem manajemen air sungai di Denpasar bakal lebih canggih.

Ini berkat jalinan kerja sama antara Pemerintah Indonesia dan Korea dalam menerapkan Smart Water Management System berbasis Informasi Komunikasi dan Teknologi (ICT).

Denpasar menjadi salah satu kota terpilih untuk dijadikan pilot project sistem ini.

Hal ini terungkap saat lawatan Direktur Divisi Konstruksi Pemerintah Korea, Lee Sang Heon bertemu dengan Wali Kota Denpasar, IB Rai Dharmawijaya Mantra, di Kantor Walikota Denpasar, Jumat (14/6/2019).

Dalam pertemuan itu membahas segala perihal terkait sistem ini.

Smart Water Management System sendiri adalah sistem yang diciptakan untuk mengatur semua pendistribusian air secara otomatis dengan memanfaatkan software/hardware dan internet.

Sistem ini nantinya akan menyimpan data untuk memudahkan pemerintah dalam menganalisa atau mengelola data sebagai bagian dari tindakan penanggulangan bencana seperti kebanjiran atau kekeringan.

Kedepannya, program ini diharapkan bisa diterapkan di Kota Denpasar seperti laiknya di Korea, dimana tujuan dari program ini adalah dapat memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat.

Kendati demikian, realisasinya masih harus menunggu kebijakan dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia.

''Paling tidak rencananya program akan dilaksanakan tahun 2020-2022 mendatang,'' ujarnya.

Halaman
12
Penulis: eurazmy
Editor: Ida Ayu Made Sadnyari
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved