Pesta Kesenian Bali

TNI/Pori Siap Amankan Pawai Pembukaan PKB 2019 yang Akan Dilepas Presiden Jokowi

Ribuan personel gabungan TNI/Polri melaksanakan apel gelar pasukan di Lapangan Niti Mandala Renon

TNI/Pori Siap Amankan Pawai Pembukaan PKB 2019 yang Akan Dilepas Presiden Jokowi
Dok Polda Bali
Kepala Kepolisian Daerah Bali, Irjen Pol Dr Drs Petrus Reinhard Golose, MM, menyambut kedatangan Presiden Republik Indonesia Ir H Joko Widodo bersama Ibu negara Iriana Joko Widodo di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Kamis (13/6/2019) kemarin. TNI/Pori Siap Amankan Pawai Pembukaan PKB 2019 yang Akan Dilepas Presiden Jokowi 

TNI/Pori Siap Amankan Pawai Pembukaan PKB 2019 yang Akan Dilepas Presiden Jokowi

Laporan Wartawan Tribun Bali, Rino Gale

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Ribuan personel gabungan TNI/Polri melaksanakan apel gelar pasukan di Lapangan Niti Mandala Renon, Kamis (13/6/2019) lalu.

Apel ini digelar dalam rangka mengecek kesiapan pengamanan Presiden Ir H Joko Widodo beserta Ibu Presiden Nyonya Hj Iriana Joko Widodo, membuka Pekan Kesenian Bali (PKB) XLI tahun 2019 pada Sabtu (15/6/2019) hari ini.

Apel gelar pasukan yang dipimpin Kasdam IX/Udayana, Brigjen TNI Kasuri ini dihadiri oleh Karo Ops Polda Bali, Kombes Pol Drs I Nyoman Sumanajaya, Kapolresta Denpasar Kombes Pol Ruddi Setiawan, serta sejumlah pejabat utama Kodam IX/Udayana.

Brigjen TNI Kasuri mengatakan, Kodam IX/Udayana bersama Polda Bali, Pemerintah Daerah Bali dan unsur pendukung lainnya akan melaksanakan pengamanan tamu VVIP yaitu Presiden RI, Ir H Joko Widodo beserta Ibu Presiden Nyonya Hj Iriana Joko Widodo.

Baca: Skuat Belum Stabil! Teco Perbaiki Fisik Pemain, Manfaatkan Waktu Jelang Lawan PSIS Semarang

Baca: Saiful Edarkan 3 Jenis Narkotik Sekaligus, Dijerat Pasal Berlapis & Divonis 12 Tahun Penjara

Seluruh stakeholder akan selalu bersinergi sesuai tugas pokok masing-masing agar pengamanan dapat berjalan optimal.

Untuk itu, dalam pelaksanaannya dituntut kejelasan tugas dan tanggung jawab serta rantai komando yang efektif serta efisien agar tujuan dan sasaran pengamanan seperti objek, rute dan tempat pelaksanaan kegiatan dapat berjalan dengan baik.

"Apel gelar pasukan Ops Puri Agung VI 2019 ini juga merupakan sarana untuk melaksanakan koordinasi antar unsur yang ada di lapangan untuk menghindari terjadinya hambatan sekecil apapun," kata Brigjen Kasuri.

Selanjutnya, orang nomor dua di Kodam IX/Udayana ini meminta kepada seluruh peserta apel untuk memahami dan menguasai prosedur tetap pengamanan VVIP sesuai tugas dan tanggung jawab masing-masing, dan memegang teguh disiplin dan rantai komando secara jelas, tidak lengah serta meningkatkan kewaspadaan terhadap perkembangan situasi di lapangan.

Baca: Kuasai 110 Paket Sabu-sabu Dituntut 14 Tahun Penjara, Kadek Diari Ajukan Pembelaan

Baca: Pemeriksaan Keimigrasian WNA di Bandara Ngurah Rai Kini Menggunakan Autogate

"Jalin komunikasi dan koordinasi antar unsur pengamanan secara optimal serta laporkan setiap perkembangan situasi yang terjadi sesuai hirarki," tegasnya.

Sementara Karo Ops Polda Bali, Kombes Pol Drs I Nyoman Sumanajaya menjelaskan bahwa Polda Bali menggelar Ops Puri Agung VI 2019 untuk mengamankan kedatangan Wakil Presiden.

Pihaknya menerjunkan personel untuk melaksanakan pengamanan terbuka dan tertutup.

Kemudian perwira melati tiga di pundak ini meminta kepada seluruh Kasatgas untuk mengecek anggota bawahannya dan sarana prasarana pendukung tugas di lapangan.

"Seluruh satgas yang terlibat dalam Ops Puri Agung VI agar melaksanakan pengamanan secara all out serta meningkatkan koordinasi dengan TNI dan stakeholder lainnya agar seluruh rangkaian kegiatan Presiden RI beserta Ibu Presiden di Bali berjalan lancar dan sesuai dengan rencana," ujar Kombes Pol Kombes Pol Drs I Nyoman Sumanajaya.(*)

Penulis: Rino Gale
Editor: Irma Budiarti
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved