DLH Bangli Harapkan Tambahan Skylift 25 Meter

Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Bangli mulai melakukan perompesan sejumlah pohon perindang di wilayah perkotaan Bangli

DLH Bangli Harapkan Tambahan Skylift 25 Meter
DLH Bangli
Perompesan - Sejumlah pekerja DLH Bangli saat melakukan perompesan di wilayah Kelurahan Bebalang, Minggu (16/6/2019). DLH Bangli Harapkan Tambahan Skylift 25 Meter 

DLH Bangli Harapkan Tambahan Skylift 25 Meter

TRIBUN-BALI.COM, BANGLI - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Bangli mulai melakukan perompesan sejumlah pohon perindang di wilayah perkotaan Bangli.

Namun, upaya perompesan sejumlah pohon perindang ternyata memiliki kendala, utamanya dari segi alat.

Ujar Gusti Laksana, pihaknya hingga kini masih kekurangan satu unit alat berupa Skylift lagi, disamping juga alat pemotong kayu berupa sensor.

“Skylift yang kami miliki hanya mampu menjangkau pohon setinggi 10 meter. Kalau bisa, kami juga memiliki satu unit skylift yang mampu menjangkau hingga 25 meter. Karena di Bangli pohonnya tinggi-tinggi, terutama di wilayah Pura. Dengan alat yang kami miliki, hanya mampu menjangkau bagian bawahnya saja,” katanya.

Ia menambahkan, pihaknya akan berupaya mengusulkan kedua alat tersebut pada anggaran tahun 2020 mendatang.

Total kebutuhan anggaran untuk pengadaan dua alat tersebut ditaksir mencapai Rp 1,5 miliar.

“Dulu orang berpikir pohon sakral tidak bisa diapa-apakan. Sekarang sudah mengerti semua, dan kita di pemerintahan berupaya memfasilitasi kebutuhan masyarakat. Mudah-mudahan tahun depan direstui anggaran Rp 1,5 miliar itu. Sehingga upaya perawatan terhadap pohon-pohon tinggi, bisa dilakukan,” harap pria yang juga Kabid Penataan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup ini.

Baca: BKPAD Bangli Sebut Target PAD Tahun 2020 Naik Rp 8 Miliar

Baca: Beredar Foto Agung Hercules Tak Lagi Gondrong dan Berotot, Terbaring Lemah di Rumah Sakit

Perompesan sejumlah pohon perindang di wilayah perkotaan Bangli ini merupakan antisipasi pasca musibah tumbangnya bagian pohon beringin di Pura Dalem Selaungan, Kelurahan Cempaga, Bangli, Jumat (16/6/2019) lalu.

Seperti diketahui, tumbangnya batang pohon beringin sore itu menimpa lima unit mobil serta dua unit sepeda motor yang berada di sekitar lokasi pura, tepatnya di Jalan Erlangga.

Halaman
123
Penulis: Muhammad Fredey Mercury
Editor: Irma Budiarti
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved