Pesta Kesenian Bali

Prof Dibia Kenalkan Konsep Ngunda Bayu, Teknik dan Pengolahan Tenaga Dalam Menari

Konsep Ngunda Bayu berupa pengaturan keluar masuk tenaga yang bisa diartikan sebagai pengaturan napas

Prof Dibia Kenalkan Konsep Ngunda Bayu, Teknik dan Pengolahan Tenaga Dalam Menari
Tribun Bali/I Wayan Sui Suadnyana
Guru Besar Institut Seni Indonesia (ISI) Denpasar¬† Prof Dr I Wayan Dibia, SST, MA saat melaksanakan workhop Ngunda Bayu dalam seni tari di Kalangan Ratna Kanda Taman Budaya (Art Center) Denpasar serangkaian pelaksanaan Pesta Kesenian Bali (PKB) ke-41 tahun 2019, Minggu (16/6/2019). Prof Dibia Kenalkan Konsep Ngunda Bayu, Teknik dan Pengolahan Tenaga Dalam Menari 

Prof Dibia Kenalkan Konsep Ngunda Bayu, Teknik dan Pengolahan Tenaga Dalam Menari

Laporan Wartawan Tribun Bali, I Wayan Sui Suadnyana

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR – Bagi kita sebagai masyarakat Indonesia, khususnya Bali, yang terkenal akan keanekaragaman seni dan budaya, maka sudah tak asing lagi melihat orang menari.

Menari sebenarnya sebagai sebuah aktivitas yang sangat menyenangkan dan menyehatkan, namun perlu diketahui bahwa hal ini hanya bisa dicapai apabila seorang penari bisa menikmati gerak yang dilakukannya saat menari.

Saat melakukan aktivitas menari, seringkali para penari merasakan kelelehan yang luar biasa karena terlalu banyak membuang-buang tenaga (ngutang bayu) sebagai akibat dari penggunaan tenaga yang tidak efisien.

Untuk menyiasati hal tersebut, Guru Besar Institut Seni Indonesia (ISI) Denpasar Prof Dr I Wayan Dibia, SST, MA mempunyai teknik dan pengolahan tenaga dalam melakukan aktivitas menari yang disebut dengan Ngunda Bayu.

Istilah Ngunda Bayu berasal dari ngunda yang artinya memindah-mindahkan dan bayu artinya tenaga, angin atau napas.

Dijelaskan olehnya, konsep Ngunda Bayu berupa pengaturan keluar masuk tenaga yang bisa diartikan sebagai pengaturan napas.

Selain itu juga melakukan pengaturan penempatan tenaga di anggota gerak tubuh atau mengatur besar kecilnya tenaga kepada gerakan.

Baca: Taklukkan Borneo FC U-16, Serdadu Tridatu Muda Raih 3 Poin, Babak Penyisihan Elite Pro Academy

Baca: FOTO Peserta Kids Fashion Show Competition Berlenggak-lenggok Pakai Gaun Daur Ulang

“Tiga ini yang menjadi prinsip dalam pengaturan tenaga Ngunda Bayu,” katanya saat ditemui usai melaksanakan workshop Ngunda Bayu dalam seni tari di Kalangan Ratna Kanda Taman Budaya (Art Center) Denpasar serangkaian pelaksanaan Pesta Kesenian Bali (PKB) ke-41 tahun 2019, Minggu (16/6/2019).

Halaman
1234
Penulis: I Wayan Sui Suadnyana
Editor: Irma Budiarti
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved