Pesta Kesenian Bali

Resmi Dibuka Jokowi, Berikut Jadwal PKB Hari Ini, Ada Penampilan dari Jogja, Papua Hingga Jepang

Perhelatan Pesta Kesenian Bali (PKB) ke-41 tahun 2019 secara resmi dibuka oleh Presiden RI Joko Widodo sembari melepas pawai

Resmi Dibuka Jokowi, Berikut Jadwal PKB Hari Ini, Ada Penampilan dari Jogja, Papua Hingga Jepang
Tribun Bali/I Nyoman Mahayasa
Pawai Pesta Kesenian Bali ke-XLI di Denpasar, turut mendampingi Gubernur Bali I Wayan Koster dan para menteri, Sabtu (15/6/2019). 

  

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR – Perhelatan Pesta Kesenian Bali (PKB) ke-41 tahun 2019 secara resmi dibuka oleh Presiden RI Joko Widodo sembari melepas pawai di depan Monumen Perjuangan Rakyat Bali Bajra Sandi, Denpasar, Sabtu (15/6/2019) siang.

Setelah resmi dibuka, PKB kali ini akan berjalan kurang lebih hingga satu bulan kedepan, tepatnya hingga 13 Juli 2019.

Berdasarkan buku Jadwal Kegiatan Pesta Kesenian Bali XLI-2019 yang diterima Tribun Bali dari Dinas Kebudayaan Provinsi Bali, hari ini, Minggu (16/6/2019) PKB diisi dengan berbagai kegiatan.

Kegiatan dimulai pukul 10.00 Wita dengan lomba merangkai bunga dan janur yang diikuti oleh Tim Penggerak Pembina Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) kabupaten dan kota se-Bali di lantai I Gedung Ksiarnawa.

Sejam kemudian, tepatnya pukul 11.00 Wita bertempat di Kalangan Ratna Kanda terdapat workshop “Ngunda Bayu dalam seni tari.

Tak hanya Ngunda Bayu, terdapat juga workshop seni kerawitan  berbasis alat tiup di Kalangan Angsoka pada pukul 14.00 Wita. 

Jadwal PKB hari ini nampaknya cukup menarik, pasalnya tidak hanya diisi oleh dalanm daerah, akan tetapi juga luar daerah bahkan luar negeri.

Pada pukul 17.00 Wita nanti ada partisipasi dari Fakultas  Bahasa dan Seni  Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) yang akan menampilkan Tari Mala Renjana di areal depan Gedung Kriya.

Selain itu, terdapat juga persembahan tari, musik dan puisi “Nggo Wor Baldo  Na Nggomar” atas partisipasi dari Institut Seni dan Budaya (ISBI) Tanah Papua di areal singai dan Kalangan Ayodya pukul 19.30 Wita. 

Di jam yang sama bertempat di Gedung Ksiarnawa  ada tari dan lagu-lagu tradisional Jepang “Shamisen dan Shakuhachi” dari Mr. Baisho Matsumoto. 

Terakhir, PKB ke-41 tahun 2019 hari kedua ini nampaknya diisi oleh Duta Kota Denpasar pada pukul 19.30 Wita di Panggung Terbuka Ardha Candra dengan Sendratari Kolosal “Legu Gondong Sanggar Printing Mas. (*)

 
 

Penulis: I Wayan Sui Suadnyana
Editor: Ady Sucipto
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved