Indonesia Kirim Balik 5 Kontainer Sampah Ke Amerika Serikat, Tak Sudi Jadi Tempat Sampah Negara Lain

Persoalan sampah kian memburuk sehingga membuat orang-orang harus berpikir untuk berbuat sesuatu mengenai sampah yang dihasilkan negaranya.

Indonesia Kirim Balik 5 Kontainer Sampah Ke Amerika Serikat, Tak Sudi Jadi Tempat Sampah Negara Lain
Via Intisari
Indonesia kirim balik 5 kontainer sampah ke Amerika Serikat 

TRIBUN-BALI.COM - Tak sudi jadi tempat pembuangan sampah, Indonesia mengirim kembali 5 kontainer sampah ke Amerika Serikat.

Seperti diketahui, persoalan sampah kian memburuk sehingga membuat orang-orang harus berpikir untuk berbuat sesuatu mengenai sampah yang dihasilkan negaranya.

Nyatanya, beberapa negara justru menjadikan negara-negara lain sebagai tempat sampah dengan menyelundupkan berton-ton sampah.

Indonesia menjadi salah satu target negara yang dijadikan sebagai tempat sampah bagi beberapa negara seperti dari Eropa, Amerika, Kanada, dan beberapa negara Asia, seperti dikutip dari CNN (13/6/2019).

Dilaporkan bahwa penyelundupan sampah sulit dideteksi karena negara pengirim dalam manifestnya menyebutkan bahwa kontainer berisi bahan baku kertas bekas.

Hasilnya, selama bertahun-tahun sudah banyak sampah yang terlanjur masuk ke Indonesia.

Gerah dikirimi sampah oleh negara-negara maju, pihak Bea Cukai Tanjung Perak Surabaya melakukan pemeriksaan pada beberapa kontainer yang dikirim negara lain dan menemukan berbagai jenis sampah di dalamnya.

Indonesia kini telah mengembalikan 5 kontainer sampah selundupan ke Amerika Serikat, dilansir dari AFP (15/6/2019).

Dengan aksi pengiriman kembali sampah selundupan ini juga menegaskan bahwa Indonesia tidak akan menjadi tempat pembuangan sampah.

Sebelumnya dilaporkan menurut dokumen bea cukai kontainer itu hanya berisi skrap kertas. 

Halaman
12
Editor: Eviera Paramita Sandi
Sumber: Grid.ID
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved