Jangan Lewatkan PKB Hari Ini, Ada Lomba-lomba Hingga Pementasan Sendratari Kolosal

Jadwal Kegiatan Pesta Kesenian Bali XLI-2019 yang diterima Tribun Bali dari Disbud Provinsi Bali, setidaknya hari ini terdapat enam kegiatan.

Jangan Lewatkan PKB Hari Ini, Ada Lomba-lomba Hingga Pementasan Sendratari Kolosal
kolase tribun bali/i nyoman mahayasa
Tampilan tarian dan antusias warga menyaksikan pembukaan dan pawai Pesta Kesenian Bali XLI tahun 2019 yang dibuka Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, Sabtu (15/6/2019). 

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Pesta Kesenian Bali (PKB) ke-41 tahun 2019 telah resmi dibuka oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi), Sabtu (15/6/2019) lalu.

Kini perhelatan PKB terus berjalan sesuai dengan jadwal yang telah disusun oleh pihak penyelenggara, utamanya Dinas Kebudayaan (Disbud) Provinsi Bali.

Hari ini, PKB yang mengambil tema Bayu Pramana (Memuliakan Sumber Daya Angin) itu sudah memasuki hari ketiga.

Berdasarkan buku Jadwal Kegiatan Pesta Kesenian Bali XLI-2019 yang diterima Tribun Bali dari Disbud Provinsi Bali, setidaknya hari ini terdapat enam kegiatan.

Keenam kegiatan itu diisi dengan lomba, penampilan dari duta kabupaten dan kota se-Bali hingga partisipasi dari Konsulat Republik Rakyat Tiongkok (RRT) yang semuanya dilaksanakan di Taman Budaya (Art Center) Denpasar.

Kegiatan PKB dimulai pukul 10.00 Wita dengan lomba membuat instrumen seruling Bali di Kalangan Ayodya.

Siang hari sekiranya pukul 14.00 Wita bertempat di Kalangan Ratna Kanda terdapat lomba taman penasar, Sanggar Leklok, Duta Kabupaten Tabanan.

Sisanya, kegiatan dilaksanakan pada malam hari pukul 19.30 Wita, diantaranya terdapat lomba wayang kulit parwa, parade drama gong; tari, musik dan lagu hingga sendratari kolosal.

Lomba wayang kulit parwa tingkat anak-anak ini persembahan dari Sanggar Seni Giri Parwa, Banjar Babakan, Desa/Kecamatan Sukawati, Kabupaten Gianyar dan dilaksanakan di depan Gedung Kriya.

Sementara untuk Parade Drama Gong merupakan persembahan Sekaa Drama Gong Gita Semara Jaya, Banjar Robokan, Desa Padangsambian Kaja, Kecamatan Denpasar Barat, Duta Kota Denpasar yang bertempat di Kalangan Ayodya.

Kemudian untuk tari musik dan lagu merupakan persembahan dari Konsulat Republik Rakyat Tiongkok (RRT) di Gedung Ksiarnawa.

Di panggung terbuka Ardha Candra, terdapat sebuah pementasan Sendratari Kolosal "Karuna Wisesa"persembahan dari Komunitas Seni Institut Hindu Dharma Negeri (IHDN) Denpasar. (*)

Penulis: I Wayan Sui Suadnyana
Editor: Eviera Paramita Sandi
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved