Bawa Ganja 1,36 gram WNA Asal Amerika Ini Diamankan Petugas di Bandara I Gusti Ngurah Rai

WNA asal New Jersey Amerika Serikat, Jasel Ajaykumar atau inisial JAP (24) harus berurusan dengan petugas berwenang serta

Bawa Ganja 1,36 gram WNA Asal Amerika Ini Diamankan Petugas di Bandara I Gusti Ngurah Rai
Tribun Bali/Zaenal Nur Arifin
Bawa Ganja 1,36 gram, WNA Amerika Diamankan Petugas di Bandara I Gusti Ngurah Rai, Rabu (19/6/2019) 

TRIBUN BALI.COM, MANGUPURA – WNA atau wisatawan asing ketika akan berlibur ke Bali hendaknya mengetahui jenis barang-barang atau obat-obatan yang terlarang dan tidak diizinkan masuk ke Indonesia.

Hal ini terjadi dan menimpa WNA asal New Jersey Amerika Serikat, Jasel Ajaykumar atau inisial JAP (24) harus berurusan dengan petugas berwenang serta mengurungkan niat untuk berlibur di Pulau Dewata.

Karena JAP (24) kedapatan membawa empat linting ganja di dalam tas ranselnya.

Kepala Bidang Penindakan dan Penyelidikan Kantor Wilayah DJBC Bali, NTB dan NTT, Husni Syaiful mengatakan, JAP (24) dicurigai petugas saat melewati area pemeriksaan Bea dan Cukai di Terminal Kedatangan Internasional yang datang dengan menggunakan maskapai penerbangan Cathay Pacific CX 785 rute Hongkong – Denpasar.

“Pria yang diketahui berprofesi sebagai pegawai bank tersebut diperiksa lebih lanjut barang bawaannya atas dasar hasil pencitraan X-Ray yang mencurigakan,” jelas Husni Syaiful, Rabu (19/6/2019).

Baca: Bea Cukai Ngurah Rai Gagalkan Penyelundupan Narkotika ke Bali Bermodus Paket Kiriman Pakaian Bayi

Dari pemeriksaan tersebut, yang bersangkutan kedapatan membawa 4 linting berisi potongan daun berwarna hijau dengan total berat 4,07 gram brutto atau 1,36 gram netto yang diduga sebagai sediaan narkotika jenis Ganja yang disimpan didalam tas punggung warna biru tua yang dibawanya.

Dari hasil pemeriksaan lebih lanjut terhadap JAP (24) ia mengaku membeli ganja di San Fransisco untuk digunakan secara pribadi.

Karena ia memang adalah seorang pemakai dan sebelumnya, saat berlibur di Hongkong beberapa hari ia sudah memakai ganja tersebut.

Hingga akhirnya dari Hongkong ke Bali untuk melanjutkan liburannya dengan membawa ganja sisa telah dipakai sebelumnya.

JAP dijerat dengan pasal 102 huruf (e) Jo Pasal 103 huruf (c)  UU No.17 tahun 2006 tentang Kepabeanan,  Jo Pasal 113 ayat (1) UU No.35 tahun 2009 tentang Narkotika dengan ancaman pidana mininal 5 tahun dan maksimal 15 tahun.(*)

 
 

Penulis: Zaenal Nur Arifin
Editor: Ady Sucipto
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved