Belum Genap Setahun, Sudah Terdapat 256 Janda Baru di Kota Denpasar

Gugatan perceraian di Pengadilan Agama (PA) Denpasar Kelas 1A selama enam bulan pertama tahun 2019 mencapai angka yang tergolong tinggi.

Belum Genap Setahun, Sudah Terdapat 256 Janda Baru di Kota Denpasar
Net
Ilustrasi 

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Gugatan perceraian di Pengadilan Agama (PA) Denpasar Kelas 1A selama enam bulan pertama tahun 2019 mencapai angka yang tergolong tinggi.

Berdasarkan data yang Tribun Bali himpun dari PA Denpasar Kelas 1A, selama bulan Januari hingga hari ini, Rabu (19/6/2019), PA Denpasar telah menerima sebanyak 277 perkara perceraian.

Panitera Muda Hukum PA Denpasar Kelas 1A, Munawar membenarkan bahwa penyebab perceraian yang mendominasi di Kota Denpasar adalah adalah faktor ekonomi.

Yang kemudian disusul oleh faktor adanya orang ketiga atau perselingkuhan, dan disusul oleh faktor salah satu pihak meninggalkan pihak pasangannya.

"Kebanyakan disebabkan oleh perselisihan dan pertengkaran. Perselihan dan pertengkaran itu karena faktor ekonomi dan adanya pihak ketiga," jelasnya.

Sedangkan pada enam bulan pertama tahun 2018, mulai Januari hingga akhir Juni tercatat sebanyak 274 perkara perceraian diterima oleh PA Denpasar Kelas 1A.

Jika dibandingkan, angka perceraian enam bulan pertama di tahun 2019 lebih tinggi dibandingkan enam bulan pertama tahun 2018.

Jumlah tersebut diperkirakan bisa terus bertambah mengingat belum memasuki akhir bulan Juni.

"Ini pun masih tanggal 19, belum akhir bulan Juni kan. Untuk hari ini saja sudah sampai 10 orang mengajukan perceraian," jelasnya.

Lebih lanjut, Munawar menjelaskan jumlah rata-rata per hari pengajuan gugatan perceraian sebanyak 5 orang.

Sedangkan dalam sebulan rata-rata 30 hingga 60 pengajuan gugatan perceraian.

Enam bulan pertama di tahun 2019, sebanyak 256 pasangan telah dikabulkan perceraiannya oleh PA Denpasar Kelas 1A.

Yang artinya selama Januari hingga hari ini, Rabu (19/6/2019) terdapat 256 janda baru. (*)

Penulis: Noviana Windri
Editor: Eviera Paramita Sandi
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved